36826

Zipline dari ketinggian 1200 meter dari permukaan laut di Kota Vang Vieng, Laos (Foto: Souphaksone Silaphet untuk The Editor)

LAOS – Sudah pernah zip line atau berseluncur dari dalam tengah hutan? Kalau belum maka Laos adalah jawabannya. Bagaimana cara menikmati perjalanan menuju tempat ini?

Pertama, kita harus menaiki mobil selama 10 menit dan off road hingga mencapai ketinggian 1206 meter diatas permukaan laut? Kenapa harus off road, karena ini adalah salah satu cara modern nan cepat bagi turis untuk masuk ke dalam hutan belantara Vang Vieng yang belum banyak dijamah oleh manusia. Memang sedikit mahal tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Dari atas ketinggian 1206 meter dari permukaan laut, anda akan meluncur sejauh 9 kilometer hingga ke kaki gunung. Rute yang dilewati tentu beragam karena setiap 500 meter sekali anda akan tiba di pemberhentian baru diatas pohon. Sensasi terbang layaknya Tarzan yang melompat dari satu dahan ke dahan lainnya cukup menyenangkan dan sangat menantang.

Saat berseluncur, turis juga dapat melihat kengerian lain seperti puncak-puncak pohon yang tinggi menjulang namun berada di bawah kaki anda. Dengan kata lain, rute zip line yang disediakan memang sangat ekstrim. Selain itu, setiap posko pemberhentian hanya mampu menampung hingga 4 orang saja, jadi, harus antri.

Bila jalurnya pendek, turis akan dibiarkan melintas diatas kayu atau tali dengan berjalan kaki. Ikatkan zip line dengan kuat ke tali tembaga, tidak perlu menoleh ke bawah bila anda sangat takut ketinggian karena anda hanya akan melihat puncak pepohonan dan bebatuan.

Di tahap akhir, turis akan dikejutkan dengan cara mengakhiri permainan ini dengan sempurna, yaitu berseluncur dari atas pohon yang sudah breumur puluhan tahun dan yang pasti ketinggiannya pun tidak perlu dipertanyakan lagi, sangat tinggi.

Bila ingin lewat jalur lain yang lebih mudah, maka anda harus memutar kembali perjalanan anda alias naik ketas ke posko yang sebelumnya anda lewati. Ada dua jalur yang ditawarkan, yaitu ekstrim dan tidak ekstrim. Saya pilih yang esktrim jadi satu-satunya cara untuk turun dari posko terkahir adalah meluncur dengan menggunakan satu tali yang menggantung di dahan pohon. Mendebarkan bukan?

Untuk menikmati wisata ini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar 166 dollar per orang dengan minimal peserta 2 orang. Jangan lupa memakai pakaian yang nyaman dan memakai lotion anti nyamuk agar kulit anda senantiasa terlindungi.

Leave a Reply

  • (not be published)