Penerbangan menuju Pulau Jeju dengan Jeju Air (Foto: Dwi/ THE EDITOR)

PULAU JEJU – Penerbangan dari kota Busan menuju Pulau Jeju hanya memakan waktu lebih kurang 45 menit saja. Anda pasti terkejut karena terbang dengan pesawat apa saja, isi pesawat pasti dominan diisi oleh wanita berumur yang tinggal di kota-kota besar di Korea Selatan.

“Banyak orang tua di Korea Selatan memilih untuk menghabiskan masa tuanya di Pulau Jeju,” ujar salah satu warga yang The Editor temui beberapa waktu lalu.

Pulau Jeju dianggap sebagai tempat yang paling cocok dijadikan sebagai rumah hari tua. Iklim yang lebih hangat di musim dingin dan jauh dari hingar bingar perkotaan membuat Jeju jadi pilihan tepat bagi orang tua untuk tinggal.

Rata-rata orang lanjut usia di Korea Selatan sangat mandiri. Pemerintah Korea mendorong orang lanjut usia untuk lebih sering berwisata ke kota-kota menarik di dunia dan Korea. Mereka umumnya berwisata bersama-sama.

Berkeliling Pulau Jeju dalam waktu dua hari juga cukup menyenangkan. Pulau yang jadi pusat penanaman komoditas jeruk dan teh hijau khas Korea adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dilihat.

Tidak sama seperti Busan ataupun Seoul, Pulau Jeju sangat asri karena merupakan daerah pertanian. Bila ingin menikmati wisata dalam sehari, Anda juga bisa menyewa sepeda atau motor untuk menyusuri jalanan pulau ini.

Di Jeju, pejalan kaki dan pengendara motor dan mobil sangat teratur. Alat transportasi seperti bus juga sangat memadai. Semua dipacu dengan batas kecepatan wajar agar pengguna jalan dapat merasa nyaman. Dengan kata lain, disini nyari tidak ada kemacetan.

Namun, bila Anda memiliki waktu lebih, ada beberapa tempat wisata yang bisa didatangi. Diantaranya gunung api dan hutan. Untuk orang yang suka wisata alam, maka pulau ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat kemping karena sangat aman.

Leave a Reply

  • (not be published)