Paddling di Sungai Nam Song (Foto: Hoang Viet Nguyen)

LAOS – Berkunjung ke Laos sangat disayangkan bila tidak mencoba olahraga alam. Salah satunya adalah paddling, mengapa paddling? Kapan lagi menikmati pemandangan alam seperti gunung dan perbukitan yang menjulang tinggi selayaknya di film-film kungfu? Pernah lihat adegan para pendekar yang terbagi dari satu bukit ke bukit lainnya? Nah tempat ini adalah surga imajinasi yang pernah anda tonton di kehidupan nyata sebelumnya.

Sungai Nam Song di Kota Vang Vieng memang kerap dijadikan sebagai area untuk bermain olahraga air. Berbeda dengan Sungai Mekong, Sungai Vang Vieng tidak dihuni oleh hewan lintah yang sangat mengganggu bila menempel ke kulit. Dengan kata lain, sungai ini aman untuk diarungi dengan berbagai macam olahraga air.

Pemandangan yang ditawarkan juga spektakuler, perbukitan seperti di film-film kungfu memang sangat jarang ditemukan di Indonesia. Perbukitan macam begini umumnya ditemukan di China Daratan atau negara Asia lainnya seperti Vietnam atau Jepang. Saat mengayuh anda bisa menikmati arus air yang tenang yang membawa paddle anda pelan tanpa kehilangan arah.

Tak hanya pemandangan bukit, rumah-rumah warga dan restoran pinggir sungai juga bisa ditemukan selama perjalanan. Jadi, kesan bahwa Laos adalah negara yang masih menakutkan karena komunis itu sudah tidak ada. Masyarakat disini juga sangat ramah, bila anda traveling sendirian dan ingin ikut olahraga paddling maka seorang pemandu siap menemani perjalanan anda.

Untuk menikmati wisata ini, anda harus bergabung dengan jasa penyedia tour setempat. Biasanya, paket paddling dan kayaking disatukan dengan program climbing dan zip line. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 32 dollar hingga 166 dollar dengan minimal peserta 2 orang.

Bila beruntung, anda bisa bertemu dengan para biksu yang juga tengah menyeberang atau berangkat ke tempat lain naik sampan kecil. Pemandangan semacam ini sangat lazim tapi sulit ditemui saat berada disana. Jadikan Laos sebagai salah satu destinasi wisata anda tahun ini.

Leave a Reply

  • (not be published)