Foto: Istimewa

JAKARTA – Politisi dan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono kembali mengunggah video ustad yang mengabarkan konten berbau SARA di laman Instagramnya.

“Sedikit pencerahan dari ustad penabrak anjing…!!!!! Jumat (kurang) berkah di bulan Ramadhan. Besok-besok kta jongkok aja deh!!!,” tulis Diaz di akunnya @diaz.hendropriyono.

Apa sebenarnya isi ceramah ustad yang diketahui bernama Yahya Waloni ini?

“Supaya cepat saya ceramah begini,” kata Ustad yang diketahui menggunakan baju berwarna hijau kecokelatan dan syal berwarna hijau tua dengan nuansa orange tersebut.

Setelah mengatakan hal tersebut Ustad yang bersangkutan yang tadinya duduk langsung berdiri dan memanggil orang lain untuk mengangkat kursi yang Ia maksud.

“Angkat ini, kursi gereja ini. Ganti kursi Islam. Saya sudah cukup senang-senang begitu. Saya, cari yang keras-keras,” ujarnya.

Tiga orang warga langsung datang menggotong kursi dengan bahan kulit tersebut dan satu orang lagi datang membawa kursi rotan tanpa alas sama sekali.

Selain mengungkapkan sindiran pada gereja, Ustad tersebut juga mengeluarkan kata-kata yang mengundang banyak pertanyaan karena ceramah dalam Islam dikaitkan dengan istilah panjang, lembek dan keras.

Bu, mau ceramah keras atau lembek? Panjang atau pendek? Keras, panjang lagi. Itulah orang Islam,” katanya sembari duduk.

Meski mengatakan tidak cocok, namun Yahya Waloni mengakui bila kursi yang tadi enggan Ia pakai ternyata sudah membuatnya bosan. Dengan kata lain Ia mengaku pernah memakai kursi tersebut dalam jangka waktu lama.

“Ini baru kursi ceramah. Kalau tadi kursi pemalas. Itu tadi kursi mau nikah itu Bu. Itu di gereja cocok, di mesjid nggak boleh. Saya sudah lama pakai itu, malas,” ungkapnya.

“Pakai yang begini-beginilah,” ujarnya sembari menyentuh kursi rotan yang Ia duduki.

“Ribut terus kita di negara ini karena gara-gara kursi ini. Ada yang 10 periode, 20 periode, 30 periode baku hantam sudah kalian. Kita bicara tentang Isra miraj. Amin ya rabbal alamin,” tukasnya.

Siapa Yahya Waloni?

Yahya Waloni sebelumnya terdaftar sebagai pendeta pada Badan Pengelola Am Sinode GKI di Tanah Papua, Wilayah VI Sorong-Kaimana. Yahya diberi nama Yahya Yopie Waloni, lahir di Kota Manado 30 November 1970. Dia lahir di tengah-tengah keluarga Minahasa.

Ustad Yahya bersama istri memeluk Islam secara sah pada Rabu, 11 Oktober 2006, Pukul 12.00 Wita melalui tuntutan Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli, Komarudin Sofa.

Yahya Waloni dalam tayangan video mengaku pernah sengaja menabrak anjing karena mengggolongkan hewan tersebut sebagai binatang najis.

Apa kata artis yang mengkomentari tayangan video tersebut di laman Diaz?

“Ustadznya lagi anget jidatnya,” ujar Inul Daratista sambil mengungkapkan ketidaksukaannya dengan emoji tertawa dan jempol tangan ke bawah @Inul.d.

“Serem banget kok ada ustad begini ya mas #tepokjidat,” ujar Emma di @emmawarokkaofficial.

“Wah kursinya beragama,” ujar Deddy Corbuzier @mastercorbuzier.

“Baju yang dia pakai sudah halal belum ya mas bos,” ujar Wirang Birawa @wirangbirawa.

Netijen juga ikut meramaikan. Celotehan mereka menuntut agar ustad seperti Yahya Waloni tidak perlu didengarkan.

“Kok msh aja ada yg mau dgrin ceramah ga ada faedah nya yah?? Kasian tuh kursi,” ujar @suciptolihadi.

“Itu mic, dan karet udh islam blum,” ujar @yotokeyotoke.

“Kaya gitu ko di panggil ustad..anehnya yg suruh angkat kursi mau aja. Klw sya yg di suruh angkat sya suruh balik biar dia sendiri yg angkat. Jgn kursi di salahkan kursi gereja. Setau sya kursi di gereja panjang”. Biar sya orang muslim sya paling tak suka klw ada ustad/ ustazah ceramah menjelekkan agama lain..,” ujar @yana_alfy_agustina_leo_waty.

“Anehnya masih aja ada yang ngundang ni orang isi ceramag daja hanya mencak mencak ngeriii,” ujar@bumikresna92.

“Kok bisa ada umat mau diceramahin sama orang spt ini, kapan majunya itu umat,” @loemauguaada.

“Sebagai Pendeta, saya siap menerima kursinya…keras dan panjangnya nggk usah !!!!” ujar @davidherson_official.

“Aneh tapi nyata…*penceramah begini betul2 jadi tantangan bagi persatuan di Indonesia,” ujar @perrysarira.

Tayangan video tersebut juga dapat dilihat di: Virall !! Yahya Waloni “Kursi Gereja ini, Ganti dengan Kursi Islam”

 

Leave a Reply

  • (not be published)