JAKARTA – Jutaan saksi-saksi Yehuwa dan tamu undangan mereka di sekitar 240 negeri akan ”menghadiri” pertemuan global tahun ini dengan tema Teruslah Bersukacita.

Pertemuan Saksi-Saksi Yehuwa Tahun 2019

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pertemuan mereka, Saksi-Saksi Yehuwa mengadakan acara tahunan yang sangat dinantikan ini secara virtual. Sidang jemaat, keluarga-keluarga, dan para tamu akan menonton acara tersebut selama bulan Juli dan Agustus 2020. Biasanya, pertemuan seperti ini diadakan di stadion, arena, balai pertemuan dan tempat-tempat pertemuan yang lebih kecil di seluruh dunia.

Tadinya pertemuan ini dijadwalkan pada tanggal 28-30 Juni 2020 dan 17-19 Juli 2020 di ICE BSD Sriwijaya Hal di Tangerang BSD, dengan perkiraan hadirin sebanyak dua pertemuan 12.000 orang. Pertemuan ini dibatalkan pada Juni dan Juli akibat pandemi COVID-19.

”Ibadah kami berpusat pada kasih kami kepada Allah dan sesama, tidak soal di mana kami berada secara fisik,” ujar juru bicara Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia Ario Sulistiono dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (25/7).

Kata Ario, acara pertemuan regional tahun ini menonjolkan persatuan keluarga internasional kami dan sukacita yang dapat dimiliki orang-orang meski menghadapi stres dan keputusasaan. Dua prinsip Kristen yang membimbing keputusan bersejarah Saksi-Saksi Yehuwa ini adalah penghargaan terhadap kesucian kehidupan dan kasih akan sesama.

”Sekalipun kami sangat ingin berkumpul bersama, kehidupan terlalu berharga untuk dipertaruhkan,” kata Ario.

”Pertemuan mingguan virtual yang kami adakan selama empat bulan terakhir telah membuktikan kepada kami bahwa yang paling penting bukan di mana kami berada secara fisik, tapi bagaimana keadaan kami secara rohani. Dalam banyak hal, kami menjadi lebih dekat sebagai keluarga rohani daripada sebelumnya,” tambahnya.

Pertemuan Saksi – Saksi Yehuwa Tahun 2019

Sebagai informasi, acara ini akan dirilis dalam enam bagian, masing-masing adalah sesi pagi atau siang dari acara pertemuan yang biasanya diadakan selama tiga hari berturut-turut. Banyak sidang jemaat dan keluarga akan menyaksikan sesi pertama pertemuan ini pada akhir pekan 11-12 Juli.

Sidang-sidang jemaat dianjurkan untuk mengadakan diskusi rohani singkat melalui konferensi video sebelum menonton sesi acara. Kemudian, akan diumumkan bahwa acara pertemuan dapat dilihat di JW Broadcasting dari rumah masing-masing. Pengaturan telah dibuat agar kelompok-kelompok yang lebih kecil berkumpul dengan fitur ”breakout” di akhir setiap sesi untuk membahas hal-hal penting dari pertemuan tersebut. Akhir pekan terakhir dari acara virtual ini dijadwalkan pada 29-30 Agustus.

Acara ini akan mengupas pertanyaan seperti: Bagaimana Anda bisa mendapatkan sukacita dan mempertahankannya? Bagaimana Anda bisa memupuk sukacita dalam keluarga? Bagaimana Anda bisa tetap bahagia di masa-masa sulit? Fitur utama pada pertemuan ini adalah drama berdasarkan Alkitab yang membahas kehidupan Nehemia dan bagaimana dia membantu bangsa Israel pada zaman dahulu mendapatkan sukacita dalam ibadah mereka kepada Allah.

Mereka yang berminat untuk melihat pertemuan ini dapat menghubungi sidang jemaat setempat atau mengaksesnya di jw.org, di bawah menu ”Perpustakaan”. Tidak ada biaya untuk menonton acara ini.

Sejak awal Maret, Saksi-Saksi Yehuwa telah menutup semua Balai Kerajaan setempat untuk pertemuan umum dan mengadakan pertemuan umum mingguan mereka dengan konferensi video dan acara streaming. Pelayanan umum yang mereka lakukan secara pribadi juga dihentikan untuk sementara sejak bulan Maret. Sebagai gantinya, mereka menggunakan metode alternatif untuk membantu orang-orang yang tertarik dengan berita Alkitab.

Setiap tahun, banyak orang yang bukan Saksi Yehuwa menghadiri pertemuan tahunan ini. Ada lebih dari 8,6 juta Saksi yang aktif di seluruh dunia, namun pertemuan regional tahun 2019 dihadiri oleh lebih dari 14 juta orang.

Karena acara tahun ini tersedia secara online dalam ratusan bahasa, ini mungkin pertemuan regional Saksi-Saksi Yehuwa dengan jumlah hadirin terbanyak sampai saat ini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Anggara Pardede & Stephen Tjokro di nomor ponsel 0811-8118118818 & 0877-75697750 atau email anggara.pardede@icloud.com & stephen.tjokros@gmail.com , atau kunjungi jw.org.

Leave a Reply

  • (not be published)