Pembukaan Festival Kaamatan (Foto: The Star)

KINABALU – Festival Kaamatan di Kota Kinabalu, Malaysia mulai dirayakan pada 1 Mei 2021 kemarin sampai akhir bulan nanti. Pemanggilan roh penjaga padi telah dilakukan di waktu yang sama oleh pemangku adat Kota Kinabalu.

Peluncuran festival panen tahun ini diadakan secara virtual dari Aula Koisaan Hongkod di gedung Asosiasi Kebudayaan Kadazandusun (KDCA). Perayaan ini diadakan setelah satu tahun sebelumnya absen diadakan.

Wakil Ketua Menteri Sabah Jeffrey Kitingan yang memimpin pembukaan acara tersebut mengatakan bahwa meski acara kali ini diluncurkan secara virtual tanpa disertai bazar dan pameran seperti tahun sebelumnya, namun Ia berharap masyarakat tetap merasakan semangat Kaamatan yang sama.

“Kaamatan Tanpa Batas untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi tahun ini mengajak kita semua untuk berdamai satu sama lain dan berterima kasih atas semua yang kita miliki dalam hidup,” katanya seperti dilansir dalam The Star, Minggu (2/5).

Kepada masyarakat yang ingin hadir di acara tersebut, lanjutnya, harus mengikuti protokol kesehatan. Tujuannya agar penyebaran virus corona bisa dihentikan.

Beberapa kegiatan yang tetap diadakan selama festival berlangsung adalah Sugandoi (lomba menyanyi) dan Unduk Ngadau (Panen Ratu) akan diadakan secara online tahun ini.

 

Leave a Reply

  • (not be published)