PAMULANG – Lokasi paling parah berada di belakang Perumahan Villa Pamulang RT 11 RW 17, Pamulang, Tangerang Selatan.

Tidak hanya sampah, ternyata longsoran tanah yang penuh dengan batang tumbuhan juga terlihat mengambang di Kali Angke. Kemungkinan besar terjadi hujan deras di hulu sungai dan mengakibatkan longsoran di beberapa dinding sungai.

Dua orang warga tampak memisahkan longsoran tanah yang ternyata menghalau arus sungai. Bila dibiarkan maka sampah dan kayu yang datang dari hulu akan terhenti dan mengakibatkan air sungai meluap.

Johan Heru, warga setempat mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah ke Kali Angke. Karena dikhawatirkan di musim penghujan ini air sungai akan cepat meluap bila sampah terus menumpuk.

Masyarakat secara swadaya memang mulai membersihkan tumpukan sampah agar tidak mengakibatkan banjir, namun kondisi ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah.

Untuk mencegah banjir, masyarakat secara swadaya membersihkan Kali Angke bersama-sama. Hingga hari ini, Senin (5/10) kondisi air kali terus meningkat akibat hujan deras kiriman. Kondisi kali yang bersih membuat arus sungai mengalir dengan deras dan mengamankan perumahan warga dari banjir.

Leave a Reply

  • (not be published)