PRAHA – Foto diatas adalah trem yang biasa beroperasi di Praha, Republik Ceko. Jumlah tempat duduknya tidak banyak karena penumpang memang dibiasakan untuk berdiri. Selain karena tidak ada kemacetan, jarak antara satu stasiun ke stasiun lainnya juga tidak begitu jauh jadi penumpang tidak akan lelah meski trem terisi penuh.

Interior salah satu trem di Kota Praha, Republik Ceko di malam hari (Fotografer: Elitha Evinora Tarigan)

Jaringan transportasi trem di Praha merupakan satu yang terbesar di Eropa. Saat berada disana terlihat sekali seluruh jalan utama kota ini dipenuhi dengan jalur trem. Jadi sangat penting untuk berhati-hati saat menyeberang karena jalur trem juga digunakan sebagai jalur mobil dan taksi.

Jam operasional trem di Praha dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 24.00 malam. Sementara itu untuk malam hari hanya trem bernomor 91-99 saja yang beroperasi dari pukul 00.00 sampai pukul 05.00 dengan jarak tunggu sekitar 30 menit. Sementara itu untuk siang hari jarak tunggu antar trem biasanya paling lambat sekitar 8 menit tapi di jalur tertentu yang sangat sibuk mendapat perlakukan khusus yakni hanya berjarak tunggu sekitar 4 menit.

Pemerintah Kota Praha menerbitkan jalur peta trem dengan sangat detail. Tahun 2017 lalu jalur ke-23 dibuka untuk melayani Zvonara hingga Kralovka. Untuk trem saja, terdapat 26 jalur yang beroperasi sehari-harinya di kota ini. Uniknya trem dikota ini sangat beragam dan berwarna. Trem yang telah beroperasi puluhan tahun tetap dipakai bersanding dengan model terbaru.

Trem di praha sudah terhubung ke seluruh terminal termasuk bandara. Selain trem anda juga bisa bepergian di Praha menggunakan metro, kereta dan bus. Biasanya untuk jalur dalam kota cukup menggunakan trem dan metro saja. Bila anda ingin pergi negara lain atau kota lain di luar Praha anda disarankan menggunakan kereta dan bus.

Satu yang harus diingat, trem di Praha tidak dilengkapi dengan kondektur. Anda diminta secara mandiri memindai tiket saat berada diatas trem. Letaknya berada di dekat pintu masuk dan berwarna hitam. Masukkan tiket anda ke dalam kotak kecil dan setelah beberapa saat tiket anda akan diberi tanda khusus atau di tab sebagai tanda sudah pernah digunakan. Jangan pernah coba-coba naik trem tanpa tiket karena kalau ketauan petugas pasti langsung dibawa ke kantor polisi.

Penumpang juga tidak diizinkan sembarangan membawa koper keatas trem. Bila ukurannya diatas 25 x 45 x 70 cm maka penumpang diwajibkan membayar 16 CZK atau 0.6 euro. Sama halnya dengan anjing, saat naik trem binatang yang satu ini harus dilengkapi dengan tali pengikat dan muzzle (penutup mulut khusus untuk anjing).

Leave a Reply

  • (not be published)