Masyarakat lokal yang menyempatkan diri untuk berdoa usai belanja (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

THAILAND – Sebagai negara modern, Thailand tetap menyediakan ruang yang sama bagi masyarakatnya untuk berdoa.

Gambar di sebelah kiri adalah pemandangan yang lazim akan anda temukan saat berkunjung ke Bangkok Ibukota Thailand.

Tempat beribadah semacam ini akan selalu ditemukan di depan hotel-hotel bintang lima di Bangkok. Kuil kecil yang dibangun di antara bendera Thailand ini selalu mengundang cerita menarik bila diperhatikan dengan seksama.

Masyarakat lokal, tua muda, pria atau wanita, bahkan yang baru pulang belanja sayuran atau yang menggunakan jas rapi tetap akan berhenti sejenak untuk berdoa diantara lalu lalang manusia.

Kuil kecil ini selalu disinggahi oleh masyarakat lokal, meski hanya berjarak dua atau tiga meter dari pinggir jalan raya, namun berdoa dalam kebisingan bukan halangan bagi mereka.

Keunikan Thailand memang jarang dimiliki oleh negara lain di Asia Tenggara. Tak heran, negara ini menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi dunia. Bahkan orang Indonesia pun sangat doyan belanja ke negara itu.

Tahun 2019 lalu, CNN menobatkan Bangkok sebagai kota terpopuler di dunia selama empat tahun berturut-turut.

Bangkok menduduki peringkat pertama yang kemudian diikuti oleh Paris dan London, tiga negara berbeda dengan identitas yang berbeda. Bangkok dengan keunikannya berhasil mengundang 22,78 juta wisatawan internasional untuk berwisata dan bermalam disana. Pertanyaannya, Indonesia kapan ya punya seperti ini?

Leave a Reply

  • (not be published)