JAKARTA – Sepeda sudah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia, tak terkecuali Taiwan. Negara ini memang menyiapkan platform khusus bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan sepeda. Jadi tak heran saat berkunjung ke negara ini anda akan menemukan parkiran sepeda yang luasnya lebih dari pada tempat parkir untuk mobil. Taiwan adalah negara yang sangat mendukung gerakan sehat penduduknya.

Bersepeda di sepanjang area Jalan Sudirman, Jakarta, Indonesia (Sumber Foto: TETO/ THE EDITOR)

Tahukah anda, Taiwan memiliki reputasi sebagai rajanya sepeda. Sepeda-sepeda yang di produksi oleh perusahaan Taiwan telah lama dijual ke negara-negara Eropa dan Amerika.

Menurut statistik, nilai produksi tahunan sepeda dan suku cadang yang diproduksi di Taiwan saja telah melampaui Rp50 triliun, angka ini bahkan lebih dari setengah dari total nilai produksi sepeda di seluruh dunia.

Sebenarnya tidak hanya sepeda jadi yang dirakit oleh pabrik Taiwan dijual secara global, tetapi komponen sepeda yang di produksi oleh perusahaan Taiwan juga menempati posisi penting dalam rantai produksi sepeda global.

Selama menyebut soal sepeda, tidak bisa tanpa menyebutkan Taiwan. Dalam beberapa tahun terakhir, sepeda listrik (e-bike) secara bertahap menarik perhatian konsumen di Eropa dan Amerika Serikat.

Taiwan juga telah berhasil mencapai hasil yang cemerlang di pasar sepeda listrik karena fondasi industri sepeda yang mapan. Menurut statistik, sepeda listrik Taiwan menyumbang lebih dari 64% pasar Uni Eropa (UE) pada 2019, atau menempati urutan pertama di dunia untuk pasar UE.

Taiwan telah memiliki rantai industri yang lengkap dalam pembuatan sepeda dan
sepeda listrik, baik dalam bentuk sepeda utuh maupun dalam berbagai macam komponen sepeda.

Leave a Reply

  • (not be published)