Sumber Foto: @bjornpilotJAKARTA – Saat terbang jarak jauh, pilot diizinkan untuk beristirahat di kokpit pesawat.

Namun, hanya satu pilot saja dalam watu waktu tugas. Tujuannya adalah agar mereka tetap bisa fokus, fit dan tetap mampu melakukan pendaratan yang aman.

Dirilis dari akun Instagram @z.plane, penggunaan istirahat terkontrol telah terbukti secara signifikan meningkatkan tingkat kewaspadaan pilot selama fase penerbangan selanjutnya. Terutama saat rute pererbangan jarak jauh jadi aktvitas mereka sehari-hari. Sistem ini sudah sesuai dengan standar crew resource management (CRM) penerbangan.

Sementara itu, pilot yang terlihat dalam gambar lewat akunnya @bjornpilot mengatakan hal yang sama bahwa istirahat di kokpit selama penerbangan diizinkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, Ia meminta agar pembaca yang singgah di akunnya tidak perlu khawatir saat melihat foto yang Ia unggah tersebut yang diambil selama penerbangan berlangsung.

“Sebenarnya, ada banyak cara untuk menikmati malam,” tulisnya pada Selasa (25/2) lalu.

Katanya, susuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Scandinavian Airlines diketahui bahwa mengontrol jalur dan kondisi penerbangan sembari berbaring sangat membantu pilot untuk mengendalikan pesawat tetap terbang baik sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

  • (not be published)