Ribuan orang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk mendengarkan sapaan langsung dari Paus Fransiskus (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

VATIKAN – Banyak yang bertanya-tanya berapa gaji seorang pemimpin gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus. Dan bahkan, tak sedikit yang ingin tahu berapa lama Ia harus bekerja sehari-hari agar bisa mendapatkan gaji setiap bulannya.

Jawabannya adalah tidak pernah menerima gaji. Mengapa demikian? Karena sebagai seorang Yesuit, Paus Fransiskus yang saat ini menjabat sebagai pimpinan gereja Katolik di dunia telah bersumpah untuk menyerahkan diri pada pelayanan terhadap orang miskin.

Untuk hidup sehari-hari, warga Vatikan memberikan sumbangan mereka kepada Paus dengan cara yang unik. Lukisan-lukisan yang dijual di toko-toko di sekitar Gereja Santo Petrus adalah hasil buatan warga Vatikan untuk disumbangkan kepada Paus. Jadi, tiap sen uang yang berhasil dikumpulkan dari penjualan tersebut akan digunakan oleh Paus untuk biaya sehari-harinya, termasuk makan.

Harganya bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal. Lukisan-lukisan ini juga disebut sebagai bentuk kecintaan warga Vatikan akan Paus Fransiskus yang saat ini menjabat di Roma.

Irish Time menuliskan bahwa saat terpilih, paus biasanya langsung menyumbangkan properti pribadi mereka ke gereja atau ditransfer ke anggota keluarga. Namun ada juga yang diberikan ke yayasan atau kepada perwalian.

Namun, menurut surat kabar Italia La Stampa, Paus Emeritus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada Februari 2013 di usianya yang ke-85 tahun dengan alasan kesehatan yang memburuk menerima dana pensiun sebesar 2.500 euro atau sekitar Rp43.400.000 setiap bulannya.

REUTERS sendiri mengabarkan bahwa setelah pensiun Ia tinggal di Vatikan dan mendapat layanan fasilitas seperti jasa keamanan, perlindungan privacy serta perlindungan hukum dari berbagai upaya yang sempat menuntutnya terkait kasus pelecehan seksual di seluruh dunia.

Leave a Reply

  • (not be published)