Sydney Barber (Foto: cbsnews)

AMERIKA SERIKAT – Komandan brigade adalah posisi kepemimpinan tertinggi Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat.

Posisi selama satu semester dipilih melalui proses lamaran dan wawancara oleh pimpinan senior dan staf komandan.

Sydney berasal dari Lake Forest, Illinois. Ia adalah mahasiswa jurusan teknik mesin dan bercita-cita jadi petugas darat Korps Marinir.

“Mendapat gelar sebagai Komandan Brigade sangat berarti bagi saya. Tetapi gelar itu sendiri tidak sepenting peluang yang diberikan untuk memimpin tim nantinya. Saya yakin ini benar-benar istimewa,” jelas Sydney.

“Saya sangat merasa terhormat mendapatkan posisi ini di musim penting dalam sejarah Amerika,” kata Sydney lagi.

Barber akan menjadi wanita ke-16 yang dipilih untuk menjadi komandan brigade dalam 44 tahun sejak wanita diizinkan masuk ke akademi tersebut. Komandan brigade wanita pertama adalah Juliane Gallina, yang menduduki posisi itu pada tahun 1991.

Janie Mines yang menjadi wanita kulit hitam pertama yang lulus dari Akademi Angkatan Laut pada 1980, bereaksi terhadap berita di media sosial.

“Ini membuatku menangis. Wanita muda ini, Midshipman Sydney Barber akan menjadi Komandan Brigade Wanita Kulit Hitam pertama di Akademi Angkatan Laut AS. 40 tahun kemudian. Terima kasih, Sydney! Aku Cinta kamu!” ujar Janie.

Barber bukanlah wanita kulit hitam pertama yang membuat sejarah di militer tahun ini. Pada bulan Juli, Letnan Madeline Swegle menjadi pilot pesawat tempur taktis wanita kulit hitam pertama Angkatan Laut AS.

Leave a Reply

  • (not be published)