Salah satu sudut Kota Zurich – Swiss Fotografer: Dilla Sausan untuk The Editor)

SWISS – Swiss, secara resmi disebut Konfederasi Swiss, adalah sebuah negara kecil di Eropa Tengah yang terdiri dari Alpen, danau, dan lembah berukir gletser seluas 16.000 mil persegi.

Swiss adalah salah satu negara terkaya di dunia, dan telah terkenal selama berabad-abad karena netralitasnya.

Usnews melaporkan bahwa Konfederasi Swiss pada awalnya didirikan pada tahun 1291 sebagai aliansi defensif diantara kanton.

Pada tahun 1499, konfederasi tersebut berubah menjadi independen dari Kekaisaran Romawi Suci.

Pada tahun 1848, sebuah konstitusi baru mengubah sistem konfederasi menjadi pemerintah federal yang tersentralisasi, untuk mengakhiri sebuah periode konflik.

Menurut CIA World Factbook, Swiss memiliki tingkat pengangguran yang rendah, tenaga kerja terampil dan salah satu negara dengan produk domestik bruto tertinggi di dunia.

Ekonomi kuat negara ini didukung oleh tarif pajak perusahaan yang rendah, sektor layanan yang sangat maju yang dipimpin oleh layanan keuangan dan industri manufaktur berteknologi tinggi.

Kontribusi budaya terhadap negara tidak proporsional dengan ukurannya yang kecil. Banyak warga negara Swiss berhasil memenangkan Hadiah Nobel dan mendaftarkan hak paten per kapita dari pada kebanyakan negara lain. Dan kenetralannya selama periode konflik menarik beberapa pemikir besar dunia untuk berimigrasi, termasuk James Joyce, George Byron dan Voltaire.

Swiss juga terkenal karena sektor perbankannya yang rahasia. Aturan pelaporan dan legislasi telah menghasilkan transparansi yang lebih besar, tetapi aturan kerahasiaan tetap ada dan warga negara nonresiden diizinkan untuk menjalankan bisnis di daerah yang erat kaitannya dengnan lepas pantai dan berbagai perantara.

Netralitas Swiss telah lama dihormati oleh negara-negara tetangganya di Eropa – negara itu tidak memihak satupun negara yang terlibat dalam perang dunia atau yang bukan termasuk sebagai anggota Uni Eropa. Akibatnya, Swiss, terutama Jenewa, adalah lokasi kantor pusat yang populer untuk organisasi internasional, seperti Komite Palang Merah Internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Meskipun Swiss tidak bergabung dengan yang terakhir sampai tahun 2002, Negara ini juga merupakan anggota dari IMF, WTO dan Bank Dunia.

Leave a Reply

  • (not be published)