Ilustrasi (Foto: Dwi/ THE EDITOR)

TANAH KARO – Cara Yesus mengenalkan Allah kepada dunia memang cukup ekstrim. Yesus dengan tegas menyebut Allah itu sebagai Bapa. Jadi kebiasaan yang Yesus ajari tersebut digunakan oleh seluruh orang Kristen serta Katolik di dunia.

Siapa sebenarnya Allah dalam Perjanjian Lama?

Allah dalam kitab Perjanjian Lama berbicara tentang berbagai peristiwa di dunia. Ia berbicara kepada manusia lewat nabi-nabi yang diakui keberadaannya. Sayangnya nabi-nabi tersebut tidak diakui keberadaannya semasa Ia hidup, hanya beberapa saja diantaranya yang berhasil mendapat pengakuan masyarakat dan para raja.

Meski demikian, Allah yang disebut dalam Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru selalu menyampaikan cara agar manusia selamat dari kematian dan perbudakan. Allah ini bernubuat dan membuat para nabi jadi satu-satunya orang yang bisa mengalahkan dewa dan allah-allah lain yang disembah oleh orang Israel.

Namun yang pasti, diatas segalanya, Allah yang disembah oleh orang Israel dan seluruh orang Kristen di dunia adalah pribadi yang menciptakan alam semesta. Tulisan tengang penciptaan ini dimuat dalam Kitab Kejadian.

Yesaya, salah satu nabi yang digunakan okeh Allah untuk menyampaikan pesan kepada manusia. Apa saja pesan dari Allah yang disampaikan lewat Yesaya? Diantaranya mengenai kedatangan Yesus Kristus.

Namun, apakah ada nubuat yang dikatakan Yesaya yang membuat dunia lebih tercengang? Jawabannya ya. Yesaya adalah nabi yang menubuatkan tentang kelahiran Raja Kores yang akan menaklukkan Babilonia Kuno.

Tidak Ada Yang Pernah Melihat Allah

Allah juga menuliskan jelas dalam Alkitab bahwa tidak ada satu manusiapun pernah melihat wajahnya. Bahkan Ia katakan bahwa tidak ada satupun manusia yang bisa melihat wajah-Nya dan tetap hidup. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada satu manusia pun yang sanggup melihat wajahnya.

Allah memilih Israel sebagai umatnya karena Abraham, seorang pria yang diketahui sangat mencintai Allah karena rela memberikan anak kandungnya sendiri, Ishak sebagai kurban persembahan. Abraham hidup di Kanaan bersama keluarga dan ratusan pelayannya.

Karena memberkati Abraham, Allah melakukan perjanjian dengannya dan seluruh keturunannya. Tanda perjanjian tersebut adalah sunat, dimana seluruh keturunan laki-laki Abraham harus bersunat.

Membelah Laut Merah Untuk Umatnya

Allah memilih Musa untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Musa sangat dihormati oleh orang Islam, Kristen dan Yahudi. Mengapa? Karena proses eksodus bangsa Israel menuju Kanaan, berbagai peristiwa ajaib yang dicatat oleh dunia terjadi.

Salah satunya adalah 10 tulah kepada Mesir akibat Raja Firaun yang tidak mau menaati Allah. Hukuman ini menjadi salah satu cara bagi Allah untuk membuktikan kuasanya terhadap manusia.

Allah Yang Penyabar

Mengapa disebut sebagai Allah yang penyabar? Karena saat Israel tidak lagi taat kepada-Nya, Ia mengirimkan nabi-nabi untuk memberi nasehat. Lewat para nabi ini juga Ia memberikan ramalan akan masa depan, salah satunya akan kehancuran Yerusalem.

Alkitab mencatat tangisan Allah terhadap Israel yang mulai berbuat jahat dan bejat saat itu. Bait Allah yang diberkati oleh-Nya pun Ia hancurkan bila orang Israel tidak berhenti berbuat kejahatan. Allah tak sungkan menggunakan Raja Nebukadnezar dari Babel untuk menghancurkan Yerusalem yang dipuja itu. Jadi cinta dan amarah Allah itu ternyata sama saat umatnya tidak taat.

Allah ini juga adalah Allah yang fenomenal. Perkataan yang Ia sampaikan lewat unatnya dipelajari okeh seluruh dunia. Nabi-nabi dan orang-orang yang ditulis dan menulis dalam Alkitab adalah orang yang jujur apa adanya mengakui pasang surut kehidupan yang Ia alami.

Nabi Yunus misalnya dengan jujur mengakui ketakutannya akan Allah saat diperintah. Ia juga dengan luar biasa mengakui kehebatan Allah yang mau mengampuninya saat kesalahan demi kesalahan terjadi akibat keputusan pribadi yang Ia ambil. Semua penulis dalam Alkitab mau menerima teguran dari Allah.

Alkitab adalah sebuah bukti otentik tentang keberhasilan peradaban yang menyembah Allah. Di jaman modern ini banyak orang yang ingin mempelajari Alkitab karena Allah adalah sumber kehidupan yang menarik dan cocok dipelajari.

Allah adalah satu-satunya super hero yang bisa membelah laut merah, mendatangkan hujan api dan belerang serta menenggelamkan seluruh bumi. Namun Ia tidak pernah lupa memberi peringatan jauh sebelumnya kepada manusia. Kesabaran Allah tak terbantahkan lamanya.

Allah juga memilih manusia. Ini yang memunculkan perdebatan namun itulah kenyataan. Tidak semua Ia pilih untuk mempelajari dirinya. Sudah siap dipanggil oleh-Nya untuk menjadi orang sukses?

Leave a Reply

  • (not be published)