JAKARTA – Jutaan penggemar film keluaran Disney sangat kecewa saat film Mulan yang rencananya dirilis Maret 2020 kemarin harus tertunda karena virus corona. Di Jakarta misalnya antrian penggemar tetap ada dan berharap agar film Mulan tetap diputar di bioskop meski Covid-19 mengintai.

Sumber Foto: www.movie.disney.com

Sutradara Film Mulan, Niki Caro lewat akun Instagramnya beberapa waktu lalu mengatakan bahwa menunda peluncuran film Mulan adalah keputusan paling bijaksana saat itu. “Kami sangat antusias dan berharap segera dapat membagi film ini bersama penggemar, namun situasi saat ini tidak memungkinkan,” ujar Niki.

Pernyataan Niki mendapat dukungan dari seluruh fans film ini. Lewat akun Instagram @mulan, penikmat film Walt Disney menyuarakan dukungan penuh dan akan tetap menunggu hingga film dirilis nantinya. Sampai akhirnya di April 2020 kemarin diumumkan bahwa film Mulan akan dirilis tanggal 24 Juni mendatang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Informasi ini juga dibagikan di website resmi mereka www.fandago.com.

Film Mulan bercerita tentang seorang pahlawan wanita di masa pemerintahan China kuno yang berhasil turun ke medan perang. Begitu banyak yang harus dilalui untuk bisa diakui sebagai pejuang bagi seorang Hua Mulan, nama panjang wanita itu. Termasuk melawan aturan yang mengharuskannya untuk tetap diam di rumah sebagai wanita biasa. Mulan yang sudah belajar ilmu bela diri sedari muda berani menggantikan posisi ayahnya yang sakit ke medan perang. Ini adalah petualangan seorang wanita yang berjuang sangat keras agar bisa diakui oleh bangsanya dan ayahnya.

Film yang dibawa ke kisah nyata ini sebenarnya cukup jauh berbeda dengan yang aslinya. Film Mulan versi tahun 1998 besutan sutradara Tony Bancroft dan Barry Cook tidak memperkenalkan sosok penyihir selain hanya hewan mistikal yang menemani Hua Mulan ke medan perang. Namun, di versi modern ini, sutradara asal New Zealand, Niki Carol mengenalkan karakter baru yakni seorang penyihir yang diperankan oleh aktor internasional telah memenangkan berbagai macam film festival dan juga merupakan seorang juri di Cannes Film Festival, Gong Li. Sementara itu karakter Mulan dimainkan oleh seorang aktris sekaligus penyanyi dan model bernama Liu Yifei. Keduanya akan sering terlihat satu frame sebagai pemeran antagonis dan protagonis.

Selain itu, film ini juga diramaikan oleh sejumlah aktor laga terkenal seperti Donnie Yen, Jet Li, Jason Scott Lee, Yoson An, Tzi Ma, Rosalind Chao, Ron Yuan, Jimmy Wong, Chen Tang dan masih banyak lagi.

China adalah gudangnya film kolosal dan selalu jadi yang terdepan bila berkaitan dengan sinematografi film laga. Sebut saja film The Grandamaster yang disutradarai oleh Wong Kar-wai. Selain mendapat penghargaan dari Golden Horse Award, penghargaan untuk insan film di Asia, film ini juga mendapat kritik yang positif di dunia internasional. Apakah Disney akan mampu menyaingi sineas film asal Negeri Tirai Bambu ini? Kita akan saksikan bersama tanggal 24 Juli 2020 mendatang.

Leave a Reply

  • (not be published)