KOSOVO – Kosovo, negara dengan mayoritas muslim yang ada di Eropa resmi membuka kedutaan besarnya di Israel pada Minggu (14/3) kemarin. Kedutaan besar Kosovo dibuka di Yerusalem.

“Kedutaan Besar Kosovo di Israel, dengan kantor pusat di Yerusalem, secara resmi telah dibuka,” sebagaimana dikutib dalam Associated Press.

Kosovo menjadi negara ketiga yang membuka kantor kedutaannya di Yerusalem. Sebelumnya Amerika Serikat dan Guatemala telah mendirikan kantor kedutaan di tempat yang sama. Biasanya sebagian besar kantor kedutaan internasional yang bekerja sama dengan Israel ditempatkan di Kota Tel Aviv.

Penetapan kantor kedutaan besar ini ditandai dengan plakat dan bendera Kosovo yang dipajang di luar gedung yang terletak di pusat Kota Yerusalem di bagian barat kota. Tidak ada upacara khusus saat kantor kedutaan besar ini dibuka.

Keberadaan kedutaan ini disebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kosovo untuk menjalin kerja sama dengan Israel. Serta memenuhi misi diplomatik di Yerusalem.

Kosovo juga diketahui tidak mengirim delegasi untuk melantik anggota di kedutaan mereka di Yerusalem karena pandemi corona yang tegah mewabah. Beberapa negara lain seperti Republik Ceko juga telah membuka kantor diplomatik tingkat rendah di Israel.

Leave a Reply

  • (not be published)