JAKARTA – Semrawutnya jaringan kabel semacam ini bukan hal baru di Jakarta.

Semrawutnya kabel listrik di pemukiman warga di Jalan Sulaiman, Palmerah, Kemanggisan, Jakarta Barat (Fotografer: Dwi)

Di era modern seperti ini Indonesia masih saja belum berbenah terkait jaringan kabel listrik. Jakarta khususnya, sebagai Ibukota negara seharusnya sudah bisa menjadi contoh bagi kota lain agar tidak memiliki kesemrawutan seperti ini.

Salah satu contoh yang bisa dilihat adalah semrawutnya jaringan kabel di pemukiman warga yang berada di Jalan Sulaiman, Kecamatan Palmerah, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat. Terlihat jelas kabel dengan berbagai ukuran melintang ke berbagai arah.

Anto (30) salah satu warga yang tinggal tepat di depan di semrawutnya telepon ini mengaku sangat terganggu dengan keberadaan tiang listrik yang dipenuhi kabel yang tak beraturan. Tempat tinggalnya yang berada di lantai dua rasanya jadi tak nyaman karena setiap hari disuguhi pemandangan semacam itu.

“Kadang khawatir juga karena lihat benang layangan nyangkut di kabel,” ujar Anto kepada The Editor, Rabu (10/7).

Ia juga berharap pemerintah dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun tangan menyelesaikan persoalan ini. Karena kabel listrik yang semrawut sangat berbahaya bila terus menerus dipasangi kabel baru. “Lama-lama tiangnya bisa penuh kabel yang nggak beraturan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Emak (60) pemilik kios sembako yang berada tepat dibawah tiang listrik. Meski mengaku sudah biasa melihat kesemrawutan tiang kabel namun tetap saja Ia khawatir terjadi hubungan pendek (korslet) saat hujan.

“Khawatirlah kalau hujan bisa korslet tapi sejauh ini belum pernah,” katanya.

Emak tak berharap banyak, baginya keberadaan tiang telepon di depan kiosnya bukanlah masalah besar. Hanya saja Ia meminta agar pemerintah menjaga dan memperhatikan setiap kabel yang terpasang disana. “Jangan sampai kabel ilegal juga masuk jadi bahaya buat kami yang tinggal dekat tiang listrik,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)