Restoran dengan konsep tenda yang dipasang kipas angin agar terhindar dari virus corona di kawasan Koreatown, New York (Insider/Getty Images)

NEW YORK – “Semakin banyak berisi, semakin buruk,” tulis Saskia kepada Insider beberapa waktu lalu.

Jika Anda mempertimbangkan untuk makan di tenda, berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu:

1. Tetap berada di ‘pod’ atau tenda tempat Anda makan saat berada di luar

Menghindari keramaian selama pandemi corona tetap jadi pilihan yang terbaik. Bila berada dalam satu tenda yang diisi oleh puluhan orang, maka usahakan untuk tetap menjaga jarak.

2. Makan di restoran yang menerapkan aturan waktu pengunjung. Dalam hal ini tenda yang digunakan harus dibiarkan kosong dalam jangka waktu tertentu agar sirkulasi udara bisa terjaga

Idealnya, ada beberapa waktu istirahat di antara kelompok tenda, untuk membiarkan tenda mengudara
Ada kasus penularan virus korona yang terjadi melalui udara pada jarak lebih dari enam kaki. Hal ini mengkhawatirkan banyak pakar kesehatan karena menunjukkan bahwa partikel virus yang sangat kecil, yang disebut aerosol, dapat tetap melayang di angkasa, bahkan mungkin sesaat setelah orang yang sakit meninggalkan area tersebut.

3. Bertemanlah dengan angin sepoi-sepoi, kipas angin dan sinar matahari

Segala jenis penutup ruangan, bahkan plastik akan mengurangi sirkulasi udara alami dari luar. Jadi, Anda harus pintar memilih bahan tenda yang digunakan oleh pemilik restoran.

Di Kota New York, misalnya, pembatasan makan di luar ruangan menetapkan bahwa 50% dari dinding samping tenda harus tetap terbuka. Jika tidak, tenda yang sepenuhnya tertutup harus membatasi kapasitas tempat duduk hingga 25% yang pada dasarnya mematuhi batasan yang sama seperti di dalam ruangan.

Kubah plastik dan tenda pribadi lainnya untuk pesta individu juga diizinkan di New York, tetapi mereka harus memiliki ventilasi yang memadai untuk memungkinkan sirkulasi udara.

4. Pastikan semua pengunjung yang datang ke restoran dengan fasilitas tenda menggunakan masker wajah

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah akan makan di lokasi tertentu adalah memperhatikan penggunaan masker wajah oleh para pengunjung dan pramusaji restoran.

Masker yang dipakai oleh pengunjung dan pramusaji harus benar, artinya bukan masker yang hanya sekedar ditempelkan di dagu saja. Karena saat pramusaji menawarkan menu makanan di meja anda maka partikel udara yang keluar dari saluran pernafasan mereka akan kena ke Anda.

5. Anda harus teliti melihat jumlah kasus corona di wilayah tempat Anda makan

Jadi, Anda harus memeriksa data statistik warga yang terkena Covid-19 di setiap wilayah yang hendak Anda datangi. Termasuk data warga yang dirawat inap dan terinfeksi virus ini. Karena resiko Anda terkena Covid-19 karena tingginya angka warga terinfeksi sangat tinggi.

Leave a Reply

  • (not be published)