Sekolah PAUD yang terlantar di Simalungun (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

SIMALUNGUN – Sekolah PAUD (pendidikan anak usia dini) Merah Putih ini terletak di Dusun Gunung Mariah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Dari pantauan The Editor, PAUD ini sudah terabaikan selama bertahun-tahun. Tidak hanya plang sekolah yang berkarat, namun bangunan sekolah yang terdiri dari dua ruangan ini juga terliaht rusak di bagian pintu.

Dinding dari anyaman bambu dan atap seng terlihat kokoh berdiri seolah mengatakan bahwa sekolah ini pernah aktif dan ramai dikunjungi orang.

Yang tertinggal hanyalah dua ayunan yang kerap dipakai anak-anak untuk bermain. Mereka tidak khawatir bermain diantara tingginya rumput yang memenuhi halaman sekolah ini.

“Kami main disini tiap hari,” ujar salah satu anak yang tengah duduk diatas ayunan saat disapa.

Untuk diketahui, lokasi menuju Dusun Gunung Mariah ini hanya berupa jalan aspal kecil yang sangat terbatas untuk dilalui satu kendaraan roda empat.

Rumah-rumah warga di desa ini cukup berjarak satu sama lain, termasuk ke sekolah ini. Jadi sangat sayang bila sekolah PAUD yang sangat dinanti banyak anak-anak tidak digunakan.

Leave a Reply

  • (not be published)