Pengurusan paspor yang lama membuat warga Irlandia protes terhadap pemerintahnya (Foto: Irish Time)

IRLANDIA – Pelayanan imigrasi di Irlandia ditutup sejak negara tersebut dinyatakan masuk dalam kategori berbahaya nomor 5 dari serangan virus corona.

Pemerintah menyediakan jasa layanan online kepada warga yang ingin berurusan dengan jasa imigrasi, namun ternyata dalam kenyataannya butuh waktu lama untuk memproses data-data untuk kebutuhan paspor baru atau lama.

IRISH TIME menyebutkan bahwa sebelumnya pemerintah Irlandia menyediakan pelayanan paspor ada hari Kamis. Namun, dalam kondisi ketidakpastian saat ini banyak aturan yang berubah meski tidak dalam waktu semalam.

Untuk warga yang sangat membutuhkan paspor mereka karena kebutuhan mendesak, maka pemerintah Irlandia mengusahakan pelayanan dalam sepekan untuk menyelesaikannya. Namun, untuk warga reguler akan mendapatkan paspor mereka dalam waktu 8 minggu.

“Ada juga yang menunggu berbulan-bulan,” sebagaimana dilansir dari Irish Time, Minggu (2/5).

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan bahwa beberapa layanan paspor dapat selesai dalam waktu beberapa minggu meski pegawai pelayanan imigrasi mengatakan quota pendaftar sudah penuh. Namun, beberapa waktu lalu pemerintah memproses 120.000 pendaftar online dalam waktu satu bulan.

Kemacetan pelayanan paspor ini, lanjut Simon, sudah berkurang dalam pekan ini. Dimana sebelumnya antrian warga yang mendaftarkan layanan online pembaharuan paspor mencapai 92.000 dan kini menurun hingga 89.000.

Jadi apa penyebab keterlambatan ini sebenarnya?

Saar ini, sepertiga staf kantor pelayanan paspor di Irlandia bekerja dari rumah sejak pandemi menyerang negara tersebut. Dan sejak Desember tahun lalu penangguhan atas layanan paspor telah diumumkan. Dan, staf yang bekerja di pusat pelayanan paspor tidak diizinkan mengakses data pribadi warga Irlandia dari luar kantor. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan penduduk.

Jadi, layanan paspor Irlandia hanya dibuka untuk pelayanan darurat seperti duka cita, sakit, perawatan medis di luar negeri atau ada keluarga yang ingin mengadopsi anak. Namun, karena Irlandia juga menggunakan paspor dalam jasa pengurusan hipotek dan membuka rekening bank, maka protes terus bermunculan dari warga.

Jadi, paspor di Irlandia itu digunakan tidak hanya untuk perjalanan, tapi juga untuk keperluan administrasi sehari-hari.

Leave a Reply

  • (not be published)