Ralph dalam film pendek Save Ralph

JAKARTA – Pembuat film dan bintang film Hollywood telah bergabung dengan Humane Society International (HSI) untuk memproduksi film pendek yang berjudul Save Ralph. Film ini diawali dengan tayangan seekor kelinci bernama Ralph yang menjadi nara sumber utama tentang nasibnya yang jadi hewan percobaan para dokter kecantikan.

Dalam setiap adegan tanya jawab, Ralph yang mengalami buta di bagian mata kanannya bercerita sambil tertawa tentang nasib yang dialami oleh Ia dan keluarganya di dalam laboratorium.

Film ini dikemas dengan menarik karena setting wawancara Ralph dibuat di sebuah rumah yang nyaman dan hangat. Jadi, penonton akan mengira kejadian penyiksaan yang dialami oleh Ralph sudah berlalu.

Kehebatan Sang Sutradara memutar jalan cerita sangat hebat. Salah satunya saat Ralph yang tak mampu menikmati sarapan yang Ia siapkan. Air mata yang keluar dar matanya ternyata adalah pertanda bila penyiksaan akan segera berlangsung. Dan ternyata benar, adegan yang tak pernah terpikirkan muncul. Sebuah tangan masuk dari atap rumah dan menghancurkan segalanya.

Ternyata, Sutradara ingin menunjukkan bahwa hewan-hewan percobaan yang digunakan oleh para dokter ingin bebas. Hal ini terlihat saat film tersebut menunjukkan bagaimana kelinci lain seperti Ralph diperlakukan. Diantaranya dengan masuk ke dalam kurungan kaca transparan agar mudah disuntik.

Suntikan yang ditujukan ke mata kiri Ralph dalam tayangan tersebut menjadi babak cerita yang sangat penting. Karena, meski mengalami sakit yang teramat sangat, Ralph tetap harus tersenyum karena tidak memiliki pilihan lain.

Film pendek ini dibuat atas protes uji coba kosmetik pada hewan di seluruh dunia. Karena meskipun telah dilarang di 40 negara, praktik ini masih dianggap legal di sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia, dan bahkan kerap muncul kembali di beberapa wilayah, sehingga mengakibatkan ribuan hewan menderita dan mati.

Taika Waititi, Ricky Gervais, Zac Efron, Olivia Munn dan banyak bintang lainnya turut ambil bagian dalam film animasi pendek HSI berjudul “Save Ralph” dalam mendukung kampanye global berupa pelarangan uji coba kosmetik pada hewan. Maggie Q, Rodrigo Santoro, Pom Klementieff, dan selebriti lainnya mendukung kampanye HSI.

Sutradara Film Ralph, Spencer Susser mengatakan bahwa hewan di laboratorium uji coba kosmetik tidak memiliki pilihan saat dijadikan sebagai objek. Ia mengajak penonton untuk berpartisipasi mencegah hal tersebut terjadi degan menjadi pengguna kosmetik yang cerdas. Salah satunya dengan memeriksa apakah kosmetik yang mereka pakai menggunakan hewan sebagai alat uji coba.

“Ketika mendapat kesempatan membuat kampanye baru untuk HSI muncul, saya merasa bahwa stop motion adalah cara yang sempurna untuk menyampaikan pesan ini. Ketika melihat realitas mengerikan yang dialami oleh hewan, kita tidak dapat membantu melainkan berpaling. Saya berharap film ini dapat menyampaikan pesan tanpa terasa berat. Saya juga berharap penonton akan jatuh cinta dengan Ralph dan ingin berjuang untuknya serta hewan lain sepertinya, sehingga kita dapat melarang uji coba hewan untuk selamanya,” jelasnya.

Klik di sini untuk untuk menyaksikan film Ralph di YouTube

Leave a Reply

  • (not be published)