Ananda Sukarlan (Foto: Saniharto)

JAKARTA – Ananda Sukarlan digaet oleh Saniharto, perusahaan yang menyuplai berbagai macam furniture ke hotel bintang 5, private residence di Indonesia dan Internasional.

Saniharto merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi piano yang setara dengan produk internasional. Untuk membawa nama Indonesia bersaing di kejuaraan piano internasional, perusahaan ini mengadakan acara SR1928 The Awakening Concert Grand Piano malam ini, Jumat (11/12).

Konser yang diadakan secara virtual ini diberi nama Beauty From The East Manokwari yang akan langsung dimainkan oleh Ananda Sukarlan bisa disaksikan lewat Youtube channel “Budaya Saya”. Konser resmi dimulai pukul 19.00 WIB dan pukul 13.00 waktu Eropa.

Untuk diketahui, Saniharto bekerja sama dengan PT. Saniharto Enggalhardjo sebagai sebagai perusahaan manufaktur yang memproduksi piano. Perusahaan ini menggunakan musisi Aksan Sjuman sebagai ahli suara dan arsitek Raul Renanda sebagai desainernya.

Selama ini belum ada perusahaan manufaktur furnitur yang membuat piano dan bukan hanya piano biasa melainkan Concert Grand Piano yang panjangnya 2,75 meter.

Nama SR1928 diambil dari pembuat piano tersebut yakni Sjuman dan Renanda, sedangkan angka 1928 sendiri diambil dari tahun Sumpah Pemuda. Tahun tersebut sengaja disematkan karena ingin menunjukkan semangat anak muda saat ini dengan dibuktikan dengan pembuatan piano pertama kali di Indonesia.

Pada piano Sjuman+Renanda SR1928 The Awakening ini semua sistem komponen yang berhubungan dengan suara menggunakan komponen piano terbaik dunia. Untuk diketahui, hampir semua merek piano terbaik menggunakan sistem dan kayu produksi suara (soundboard) yang sama atau setara.

Keputusan ini diambil atas dasar dua pertimbangan, kualitas dan dukungan parts yang terbaik serta efek suara yang setara baik secara kualitas dan karakter yang para pianis yang profesional sudah terbiasa. Komponen sistem piano sangat banyak namun ada beberapa yang dapat kami banggakan.

Sistem mekanik pemukul senar menggunakan Epoxy Carbon Fiber adalah teknologi baru dalam sistem mekanik sebuah grand piano. Senar ini menggunakan teknologi Nickel Plated Finish yang tahan korosi dan memberikan efek warna ‘silver’.

Kayu jenis Spruce yang merupakan kayu terbaik untuk dapat menghasilkan resonansi suara yang digunakan ratusan tahun di Eropa untuk alat musik seperti Cello dan Biola, dan yang sangat jarang digunakan dalam sebuah piano kelas konser adalah sistem piano yang dapat bermain sendiri dan dikontrol secara ‘wireless’ oleh perangkat tablet (iPad).

Saniharto mampu menjadikan konsep desain dari Raul Renanda dan mewujudkannya dengan menggunakan elemen kayu Indonesia seperti Macassar Ebony veneer yang sudah dipersiapkan untuk memiliki keindahan, kekuatan dan kestabilan terbaik mengingat grand piano yang merupakan 100% karya anak bangsa ini akan dipasarkan untuk market kelas mewah baik di dalam negeri maupun di mancanegara.

Leave a Reply

  • (not be published)