Salt Bae dan Andrea Bocelli di Jumeirah, Dubai (Foto: Nusr-Et)

ISTANBUL – Gayanya yang kocak saat menabur garam ke daging dengan tangan kanannya yang ditekuk membuat Salt Bae sangat terkenal di dunia maya.

Pakaian yang Ia pakai juga selalu sama, yakni kaos v-neck warna putih yang dipadukan dengan celana bahan berwarna hitam atau cokelat tua, rambut sebahu yang dikuncir, kumis serta kaca mata hitam.

Gaya ini sesekali diubah dengan setelan jas yang dilengkapi dengan dasi dan tsaub, baju gamis pria asal Arab. Gaya ini menjadi ciri khas koki yang tak canggung menunjukkan hobinya berolahraga dan menghisap cerutu.

Untuk belajar cara memanggang daging, Salt Bae belajar ke beberapa negara termasuk Argentina dan Amerika Serikat di tahun 2007-2010. Disana, pria ini belajar dari restoran lokal bagaimana cara memotong daging, mengolah daging dan menjaga agar daging tetap segar meski disimpan dalam kulkas.

Lewat akun instagramnya @Nusr_et, Salt Bae kerap menunjukkan bagaimana saat Ia belajar cara memotong daging. Salah satunya yang Ia unduh beberapa waktu lalu, dimana Ia terlihat tengah mengenakan baju warna orange dan rambut yang tetap sama seperti sekarang, panjang sebahu.

Dari foto yang Ia unggah tersebut, terlihat bila wajah Salt Bae di tahun 2005 terlihat sangat berbeda dengan sekarang. Alisnya saat muda terlihat lebih tebal dengan kontur wajah yang sangat serius.

Tak selalu berjalan mulus, perjalanan karir pria ini meski telah membuka beberapa cabang restoran ternyata tetap mendapat kritik dari pengamat cita rasa makanan. Di tahun 2018 lalu misalnya, The New York Post menyebut restoran milik Salt Bae yang berada di Kota New York “terlalu mahal”. Bahkan Joshua David Stein menyebut hamburger yang disajikan oleh Salt Bae terlalu matang, tartarnya terlalu dicincang serta cocktails dan air mineral yang disajikan sangat buruk. Kritik ini dituliskan secara detail di website mereka yang kerap jadi bahan rujukan para pencinta kuliner.

Namun, dari sudut pandang dunia hiburan, Salt Bae ternyata sangat menarik perhatian masyarakat. Cara Ia mengiklankan dirinya di Instagram ternyata cukup membuat banyak kalangan artis dunia datang ke restorannya.

Menu yang Ia jual di restorannya memang sangat menarik perhatian. Diantaranya daging steak berbagai ukuran yang dilapisi emas 24 karat serta cappucino dengan toping emas 24 karat. Harga jutaan yang Ia kenakan untuk tiap menu di restorannya ternyata tak mengurangi daftar selebritis dan orang terkemuka lainnya di dunia untuk berkunjung.

Andrea Bocelli, penyanyi opera asal Italia bahkan datang langsung ke restorannya di Jumeirah, Dubai untuk menikmati maka malam. Andrea Bocelli yang terlihat memakai tuxedo lengkap dengan dasi kupu-kupu berwarna hitam bahkan menyempatkan waktu untuk menyanyi di dapur Salt Bae. Hal kontroversial ini selalu disuguhkan Salt Bae bersama tamu-tamu di restoran miliknya.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang Ia terima di dunia kuliner, di awal tahun 2021 lalu pria ini didapuk sebagai Global Brand Ambassador oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Turki bersama dengan beberapa chef lainnya.

Saat ini Salt Bae tengah membuka lowongan pekerjaan untuk empat restoran miliknya yang tersebar di seluruh dunia. Silahkan langsung klik disini, Nusr-Et.

Leave a Reply

  • (not be published)