ISTANBUL – Ribuan masyarakat muslim di Turki menghadiri shalat Jumat pertama di Museum Hagia Sophia.

Jalanan di depan Museum Hagia Sophia dan Masjid Biru penuh dengan ratusan ribu masyarakat muslim yang shalat Jumat dari Hagia Sofia (Sumber Foto: Euronews)

Dari tayangan video langsung yang disiarkan oleh Euronews, tampak ribuan masyarakat sudah berada di dalam masjid. Puluhan mobil juga berjejer di sepanjang area luar masjid.

Masyarakat juga terlihat memadati seluruh taman-taman kota yang berada di depan area masjid yang berada tepat di depan Masjid Biru Istanbul.

Pemerintah Turki benar-benar mempersiapkan siaran pertama selama 86 tahun ini. Kamera dari berbagai sudut luar Museum Hagia Sophia untuk tayangan langsung ke seluruh dunia dipancarkan langsung dari Istanbul.

Suasana di dalam museum yang diubah namanya menjadi masjid ini pun tak ketinggalan disorot. 11 orang imam tampak duduk di depan museum yang biasa digunakan sebagai altar gereja.

Aturan jarak aman pandemi terlihat diabaikan, Masyarakat duduk berdekatan, hanya beberapa sudut saja yang mengikuti aturan jarak aman.

Main Handphone saat shalat Jumat di Museum Hagia Sophia (Sumber Foto: Euronews)

Selama shalat juga masyarakat yang duduk dibarisan masjid justru sibuk mengabadikan suasana dengan telepon genggam. Masih dari tayangan video yang disiarkan langsung itu, masyarakat yang berdiri di pintu masjid juga tampak hanya berdiri sambil melihat-lihat interior masjid yang kita ketahui bersama dihiasi oleh gambar-gambar Yesus Kristus dan Rasulnya.

Hagia Sophia merupakan gereja ortodox dari abad ke-6 yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah umat kristiani. Banyak diantara jemaat yang ikut sholat melihat langit-langit bangunan ini karena memang tersohor akan keindahannya.

Leave a Reply

  • (not be published)