BUDAPEST – Foto dibawah adalah tipikal restoran yang bisa anda temukan di seluruh Eropa termasuk Budapest, Hungaria. Saat duduk disini pengunjung dapat menikmati kemegahan Buda Castlle Hill yang berada di seberang Sungai Danube.

Fotografer : Elitha Evinora Tarigan

Tahukah anda, musim dingin di Eropa tidak sama dengan Asia. Dinginnya udara yang berhembus di musim seperti ini mengharuskan seluruh penduduknya untuk tetap kreatif. Tak heran mereka bisa menikmati makan siang atau makan malam di ruang terbuka. Padahal bagi orang Asia udara dingin Budapest di bulan Maret masih sangat menusuk tubuh. Metabolisme tubuh orang Hungaria membuat mereka mampu bertahan hanya dengan satu alat pemanas saat makan di restoran seperti diatas. Pemanas yang dimaksud adalah sebuah tungku berwarna putih dengan nyala api yang mampu menghangatkan tubuh hingga jarak 1 meter. Satu tungku pemanas disediakan untuk satu meja. Jadi jangan heran kalau tagihan makanan anda sedikit lebih mahal dibandingkan saat makan di restoran biasa di Budapest.

Restoran seperti ini tetap buka meski kota Budapest tengah diguyur salju. Selain menyiapkan tungku pemanas, biasanya pemilik restoran juga memasang plastik transparan putih yang sangat unik. Jadi saat makan pengunjung sekaligus dapat menikmati keindahan salju yang jatuh dari langit.

Perlu diingat bahwa restoran semacam ini memang cukup mahal terutama di kota-kota yang menjadi tujuan wisata di Eropa Tapi sesekali memang harus dicoba apalagi bila anda belum pernah ke Eropa sebelumnya. Jangan kaget dengan keramahan pelayannya yang kurang memuaskan. Orang Budapest sangat cekatan dan sikap semacam itu terlihat kurang bersahabat bagi orang Indonesia.

Kalau anda tidak kuat kena terpaan angin musim dingin Eropa, saran saya untuk tidak pernah mencoba makan di luar ruangan seperti ini. Karena musim dingin di Hungaria memang tiada duanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

  • (not be published)