ISTANBUL – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ikut menghadiri shalat Jumat di Museum Hagia Sphia.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Museum Hagia Sophia (Sumber: Euronews)

Dari tayangan video yang diunggah oleh Euronews, tampak Erdogan hadir dengan mengenakan jas lengkap dengan dasi berwarna hitam dan masker. Pasukan bersenjata juga tampak mengikuti rombongan yang hadir dengan pakaian senada.

Erdogan terlihat langsung masuk ke dalam area Museum Hagia Sophia bersama rombongan. Di dalam museum, Erdogan dan rombongan tetap mengenakan masker, dua orang imam tampak langsung menghampirinya kehadirannya di dekat salah satu pilar bangunan yang dekat dengan pintu masuk.

Erdogan terlihat berbincang beberapa waktu dengan imam yang menjemputnya di pintu masuk. Melewati pilar-pilar yang ada di dalam museum, keduanya yang dikerubungi oleh rombongan berjalan pelan menuju ke depan bangunan.

Di dalam museum, Erdogan dan rombongan mengambil posisi di depan, menghadap 11 orang imam berpakaian putih dan memakai kopiah. Di dalam museum sendiri, peserta yang ikut shalat umat tampak memakai baju kemeja putih, kontras dengan rombongan Erdogan yang datang memakai jas berwarna hitam.

Seluruh peserta mengikuti sujud syukur saat teriakan “Allahu Akbar” berkumandang dari salah satu dari 11 imam yang duduk di depan Erdogan.

Leave a Reply

  • (not be published)