Indah Megahwati, Direktur Pembiayaan di Direktorat Jenderal PSP Kementerian Pertanian (kanan) memakai jaket LV seri Escape Print seharga Rp46.936.929 yang dipamerkan di akun Instagramnya @megahwatiindah

JAKARTA – Gaya hidup mewah pejabat pemerintah terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS) lagi-lagi mendapat sorotan. Di tengah krisis pandemi ternyata masih ada pejabat yang bersenang-senang di atas uang-uang milik rakyat Indonesia. Salah satunya adalah pejabat di Kementerian Pertanian.

Indah Megahwati, Direktur Pembiayaan di Direktorat Jenderal PSP Kementerian Pertanian memamerkan jaket LV seri Escape Print Parka berwarna biru di akun media sosial Instagram miliknya. Di situs resminya louisvuitton.com diketahui harga jaket ini mencapai 2.730 euro atau setara dengan Rp46.936.929. Sungguh angka yang sangat fantastis.

Berapakah gaji seorang direktur di Kementerian Pertanian? simak ulasan The Editor.

Dari data yang dikeluarkan oleh salah satu pegawai keuangan di Kementerian Pertanian, diketahui bahwa gaji yang diterima PNS setara Eselon IIA dan II B berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 adalah masing-masing Rp3.250.000 dan Rp2.025.000.

Sementara itu tunjangan kinerja untuk pejabat sekelas direktur yang masuk dalam kelas jabatan grade 14 adalah sebanyak Rp17.064.000.

Selain itu, pejabat sekelas direktur juga akan menerima tunjangan transportasi (bensin), tunjangan telekomunikasi (pulsa) dan biaya perjalanan dinas. Sebelumnya PNS juga menerima honor dari internal kementeriannya, namun dihapus karena sudah dialihkan ke tunjangan kinerja.

Dengan kata lain, PNS sekarang ini dinilai dari banyaknya kinerja yang mereka lakukan. Batasan tunjangan kinerja disesuaikan dengan setiap kementerian dan lembaga pemerintah.

Naik Pesawat Pribadi (Private Jet)

Tak hanya memakai jaket seharga puluhan juta, gaya hidup mewah Indah Megahwati juga terlihat dari berseliwerennya aksi mereka naik pesawat pribadi. Tak hanya kelas Dirjen (eselon 1), namun kelas direktur (eselon II) pun tak mau ketinggalan memamerkan gaya hidup mewah mereka dalam beraktivitas.

Indah mengunggah foto pribadinya tengah naik pesawat pribadi saat tengah bertugas.
Untuk diketahui, hanya dua kemungkinan seorang PNS yang tengah bertugas bisa naik pesawat pribadi. Yang pertama dengan menggunakan anggaran negara alias difasilitasi oleh negara dan yang kedua dibiayai oleh pengusaha. Bila dibiayai oleh pengusaha maka kuat diduga berkaitan dengan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Indah Megahwati mengaku mendapat rejeki sehingga dapat naik pesawat jet pribadi saat bertugas

Dari akun tersebut diketahui Indah mendapatkan fasilitas layanan pesawat jet pribadi dari seseorang yang tak Ia sebutkan namanya.

“Rejeki anak shaleh Naik Jet Pribadi,” tulis Indah Megahwati di akun Instagramnya @megahwatiindah pada 17 Mei 2020.

Pesawat pribadi yang ditumpangi oleh Indah Megahwati saat bertugas adalah CEO JETSET yang berkantor di Equity Tower 35th Floor Unit D,G, H Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jl. Jenderal Sudirman Kav 52-53 Jakarta, Indonesia 12190.

Kabarnya perusahaan yang juga berkantor di Halim Perdana Kusuma Airport ini mengatakan bahwa pejabat pemerintah kerap menyewa pesawat pribadi dari perusahaannya. Mereka menggolongkan pejabat pemerintah sebagai orang-orang super kaya.

Jadi, bila gaya hidup pejabat Indonesia sekaya ini, kenapa masyarakat Indonesia belum sejahtera?

Mengaku Sebagai Anak Angkat Wapres Maruf, sosok Indah Megahwati di lingkungan kerjanya diketahui selalu mengenalkan diri sebagai anak angkat Wapres Maruf Amin. Selain itu, posisinya sebagai direktur pembiayaan juga kabarnya selalu dekat dengan Ketua Umum DPP Garda Wanita (Garnita) Malahayati partai Nasdem untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan Kementerian Pertanian.

Di era Andi Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian, kegiatan potong pita dan kalung bunga dalam setiap acara pemerintah sudah dipotong anggarannya. Dana ratusan juta saat itu disebutkan Amran bisa terkumpul untuk diberikan kepada petani.

Namun ternyata Indah Megahwati berbeda. Pejabat pindahan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik ini tetap memakai sistem potong pita dan kalung bunga dalam setiap acara. Bahkan gaya ini Ia pertahankan hingga pergantian menteri baru di Kementerian Pertanian.

Pejabat Di Kementerian Pertanian Doyan Naik Pesawat Pribadi

Sebelumnya aksi serupa juga pernah dilakukan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto yang dengan santai memamerkan foto profil tengah naik ke tangga pesawat jet pribadi di akun WhatsApp miliknya. Prihasto yang enggan berbicara tentang penyebab gagalnya swasembada bawang putih di era kepemimpinannya ini tampak tidak begitu peduli pada pandangan publik dengan tetap menggunakan foto tersebut.

One Comment to: PNS Kementerian Pertanian Pamer Jaket LV Seharga 46 Juta Rupiah Dan Naik Pesawat Jet Pribadi Saat Bertugas

  1. Berman Nainggolan L. Radja

    May 15th, 2021

    Waw….

    Reply

Leave a Reply

  • (not be published)