Pertemuan Saksi Yehuwa sebelum pandemi corona (Foto: JW.ORG/ THE EDITOR)

JAKARTA – Selama seratus tahun terakhir, Saksi-Saksi Yehuwa, sebagai organisasi penyelenggara pertemuan terbesar di dunia, secara rutin mengadakan pertemuan-pertemuan setiap tahunnya. Meskipun demikian, demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan, mereka telah membatalkan hampir 6.000 pertemuan tahunannya di 240 negeri.

Pertemuan yang biasanya diadakan secara fisik selama bertahun-tahun ini akan kembali diadakan secara virtual untuk kedua kalinya di tahun ini. Selama 55 tahun tahun berturut-turut, Saksi-Saksi Yehuwa di Jabodetabek telah mengadakan pertemuan tahunan seperti di Sentul International Convention Center ( SICC) Bogor.

Pada tahun 2020, pandemi secara tak terduga mengganggu kegiatan rutin tersebut sehingga itu menggerakkan organisasi keagamaan internasional ini untuk membatalkan pertemuan tatap muka mereka di seluruh dunia dan meluncurkan acara virtual secara global.

“Ini adalah yang pertama kalinya bagi Saksi-Saksi Yehuwa, yang selama ini telah mengadakan pertemuan umum di stadion, lapangan, balai pertemuan, dan teater di seluruh dunia sejak tahun 1897,” ujar juru bicara Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia, Ario Sulistiono dalam keterangan yang diterima The Editor beberapa waktu lalu.

Tema acara global untuk tahun 2021 adalah ‘Kuat Karena Iman’. Acara ini akan disampaikan dalam lebih dari 500 bahasa kepada setiap keluarga di seluruh dunia selama enam akhir pekan pada bulan Juli dan Agustus 2021.

“Acara ini akan menyatukan sekitar 15-20 juta orang di 240 negara. Karena pertemuan ini biasanya diadakan dari hari Jumat sampai Minggu, maka acara akan tersedia dalam enam bagian untuk seluruh sesi pagi dan siang,” ungkapnya.

“Sesi Jumat pagi akan tersedia untuk disaksikan secara streaming atau untuk di-download mulai 28 Juni 2021,” ungkapnya lagi.

Meski Pandemi Tapi Iman Terus Meningkat

Risiko penularan virus pada ribuan orang yang terus menerus terjadi di kota-kota di seluruh dunia mendorong organisasi ini untuk memilih pertemuan virtual selama dua tahun berturut-turut. Namun, langkah tersebut tidak menyurutkan antusiasme untuk acara tahunan ini.

Ario mengatakan bahwa saksi-Saksi Yehuwa di seluruh dunia mengundang masyarakat untuk bergabung dengan mereka dalam peristiwa bersejarah ini.

”Iman telah membantu persaudaraan internasional kami untuk terus bertumbuh semakin kuat bahkan selama pandemi”, kata Ario

“Iman kami akan terus menyatukan kami semua dalam ibadah walaupun secara virtual ketika jutaan orang berkumpul di rumah-rumah pribadi di seluruh dunia untuk menikmati acara rohani yang menguatkan ini,” tambahnya.

Kata Ario, semua diundang untuk menghadiri acara dengan membuka situs web JW.ORG atau JW Broadcasting di aplikasi JW Library pada iOs atau Android secara gratis, atau di platform streaming seperti ROKU TV, Apple TV, dan lainnya. Acara ini gratis dan dapat diakses oleh semua orang. Jadwal download dan streaming di seluruh dunia tercantum di bawah ini.

Jadwal Acara

Acara ini akan diadakan dalam dua tahap, pertama streaming yang bisa dilakukan pada tanggal 28 Juni (Jumat pagi), 5 Juli (Jumat siang), 19 Juli (Sabtu pagi), 26 Juli (Sabtu siang), 9 Agustus (Minggu pagi) dan 16 Agustus 2021 (Minggu siang).

Sementara itu untuk sidang jemaat yang dilakukan serentak diseluruh dunia adalah tanggal 3-4 Juli (Jumat pagi), 10-11 Juli 2021 (Jumat siang), 24-25 Juli (Sabtu pagi), 14-15 Agustus (Minggu pagi), 21-22 Agustus (Minggu siang).

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia di 021- 2986-0800 atau pid.id@jw.org.

Leave a Reply

  • (not be published)