Di wilayah biara ada beberapa gereja kayu kuno yang dibawa ke sini dari desa-desa sekitarnya (Foto: Kontributor Rusia Ksenia untuk The Editor)

KOSTROMA – Biara ini didirikan sekitar tahun 1330 oleh seorang mualaf Tatar bernama Pangeran Chet yang masih keturunan bangsawan dari ayahnya yang masih berdarah biru dari Solomonia Saburova dan Tsar Boris Godunov. Biara ini didedikasikan untuk St. Hypatios of Gangra.

Namun, versi lain mengatakan bila nama Pangeran Chef yang bernama asli Tatar Mirza Chef ini sebenarnya lari dari dinasti Golden Horde ke dinasti Ivan Kalita. Chef yang beragama Islam berpindah agama menjadi Kristen di Moskow dan mengubah namanya menjadi Zakaria.

Terdapat dua menara utama di biara ini, pertama adalah Katedral Troitsky dan Kamar Romanov. Biara ini tidak seperti gereja pada umumnya karena selain mengesankan, tapi juga terpelihara dengan sangat baik dalam gaya Moskow abad ke-17.

Puncak menara di biara ini dilapisi dengan emas dan dindingnya ditutupi dengan lukisan para orang suci dan atap berkubah lima. Selain itu, rumah uskup, gerbang gereja orang-orang kudus dan dinding pertahanan juga tetap dipertahankan oleh pengelola biara ini.

Mikhail Romanov muda pernah tinggal bersama ibunya di salah satu ruang tidur di menara ini sampai tahun 1613.

Mikhail Romanov adalah pemimpin pertama wangsa yang memerintah Rusia selama lebih dari 300 tahun ini bukanlah seorang tsar seperti yang anda bayangkan. Ia begitu lembut, baik hati dan mendapat dukungan dari banyak anggota majelis nasional dan setiap lapisan masyarakat. Hal ini membantunya dalam mencapai keberhasilan di masa pemerintahannya.

Menurut legenda lain, biara ini didirikan pada 1275 oleh Pangeran Vasily (Yaroslavich) dari Kostroma. Dia adalah saudara laki-laki Alexander Nevsky yang telah menjadi Pangeran Agung Vladimir. Namun, Vasily lebih suka tinggal di Kostroma. Setelah kematian Pangeran Vasily dan penghapusan kerajaan Kostroma, biara berada di bawah perlindungan keluarga Godunov.

Katanya, di era ini Mikhail Romanov tinggal bersama ibunya yang seorang biarawati bernama Martha, diusir oleh Godunov. Seiring dengan dinasti Romanov yang berkuasa, biara Ipatiev memperoleh pelindung baru yang kuat. Pada tanggal 14 Feb 1613, Mikhail Romanov dinobatkan di Katedral Tritunggal Mahakudus biara. Biara ini memang mendapat posisi khusus sebagai “tempat lahir dinasti Romanov”.

Masing-masing raja yang berkuasa saat itu selalu menyiapkan waktu untuk mengunjungi biara ini selama mereka naik takhta. Tempat utama dari biara ini adalah ikon Tikhvin-Ipatiev yang ajaib dari Bunda Allah yang merupakan benda peninggalan dari Santo Hypatius dari Gangra. Benda tersebut adalah bagian dari Jubah tanpa kelim Yesus dan batu dari ruang eksekusi rumah Ipatiev.

Leave a Reply

  • (not be published)