Penasehat Keuangan Ronawati Wongso (Foto: Koleksi Pribadi)

JAKARTA – Memperbaiki kondisi ekonomi dengan menjaring kepercayaan pasar lewat program vaksinasi covid-19 adalah keputusan paling tepat yang pernah diambil oleh Presiden Joko Widodo.

Demikian dikatakan oleh Penasehat Keuangan Ronawati Wongso saat berbincang dengan The Editor beberapa waktu lalu.

“Sekarang ekonomi sulit sekali karena pandemi tapi strateginya Jokowi dengan vaksin ini membuat orang confidence (percaya diri) juga bahwa ekonomi akan bangkit,” ujarnya saat dihubungi lewat virtual.

Salah satu strategi yang menurut Rona sangat penting untuk dilakukan saat ini oleh pemerintah adalah mendorong konsumsi dan penciptaan lapangan kerja, terutama di bidang infrastruktur. Dua bagian yang saling berhubungan satu sama lain ini menurutnya akan saling mendukung bila dikerjakan dengan benar.

“Yang pertama adalah mendorong konsumsi dan yang kedua menciptakan lapangan kerja lagi. Tetapi kan awalnya konsumsi baru kemudian produksi yang membutuhkan tenaga kerja,” jelas perempuan yang pernah menyelamatkan PT Maspion Group dari badai bencana krisis moneter tahun 1998 lalu.

Presiden Jokowi menurutnya juga harus mengutamakan orang-orang yang berkepentingan dalam sektor bisnis. Terutama mereka yang sempat jatuh ekonominya akibat gempuran pandemi corona.

“Intinya agar ekonomi bisa berputar dan normal kan. Dari mulai dari yang berada di kesehatan, public sector, pariwisata dan dari situ pelan-pelan supaya orang-orang yang berkepentingan ini mulai lagi usahanya dan mulai jalan,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)