AFGHANISTAN – Sebuah bom kembali meledak dan menewaskan beberapa orang di Kabul, Afghanistan. Diketahui bahwa satu unit kendaraan yang membawa staf dari Jaringan Televisi Khurshid terkena hantaman bom pada Sabtu 30 Mei 2019 lalu.

Mobil van yang ditumpangi oleh awak jaringan televisi Khursid (Fotografer : Mansoor Faizy untuk The Editor)

Penyerangan kepada jaringan televisi Khursid terjadi untuk kedua kalinya di Kabul, Afghanistan. Sebelumnya di tahun 2019 lalu hal serupa juga pernah menimpa mereka.

Kepada The Editor, pemimpin Redaksi Aghanistan Times, Mansoor Faizy mengatakan bahwa kejadian ini sangat melukai hati seluruh awak media di Afghanistan. Padahal baru beberapa waktu lalu seluruh petugas yang menjadi korban bom tersebut baru saja merayakan ulang tahun ke-8 jaringan televisi tersebut.

“Jurnalisme bukanlah sebuah kejahatan,” jelasnya, Jumat (6/6).

Dari data yang diperoleh, jurnalis jaringan televisi Khurshid yang terluka bernama Zamir Amiri. Pemimpin Redaksi Jaringan Televisi Khurshid, Rafi Sediqi mengatakan bahwa dalam serangan tersebut dua staf termasuk satu orang wartawan dan teknisi terbunuh dalam insiden tersebut. Sementara itu 6 lainnya terluka parah selama kejadian berlaangsung. Semuanya langsung dibawa ke rumah sakit.

“Akhir-akhir ini tidak pernah ada kelompok atau individu yang berani mengancam dan menyerang jaringan televisi. Tapi setelah kejadian kemarin sepertinya target mereka berubah,” jelasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)