ITALIA – Setidaknya itulah kepercayaan yang berada di antara masyarakat Roma hingga ini. Kuil asli Pantheon sudah hancur berkeping-keping, yang tinggal hanyalah prasasti sebagaimana yang kita lihat sekarang.

Pantheon diantara gedung-gedung modern (Foto: Wanted in Roma)

Karena kemegahannya, Kubah basilika Santo Petrus dan Katedral Florence terinspirasi oleh keajaiban arsitektur ini. Kubah Pantheon ini merupakan salah satu simbol besar Kota Roma.

Pantheon bertahan dari kehancuran saat Kaisar Bizantium Phocas menyerahkannya kepada Paus Boniface IV sebagai hadiah pada tahun 608. Tujuannya adalah agar bangunan ini selamat dari penghancuran masal saat itu.

Atap Pantheon awalnya dilapisi dengan lembaran perunggu, tetapi Kaisar Bizantium Konstans II merobeknya dan membawanya ke Konstantinopel. Atap timah baru dipasang pada abad ke-8. Kemudian, oleh Arsitek Roma kala itu yang bernama Bernini dan di bawah perintah Paus Urbanus VIII, perunggu kecil yang tersisa di atapnya dilelehkan untuk dijadikan sebagai atap untuk Gereja Santo Peter’s Baldachin.

Ketika Pantheon menjadi gereja, sejumlah besar tulang dari para martir Kristen diambil dari katakombe di Roma dan dipindahkan ke sana.

Selain menampung sisa-sisa peninggalan dari Raja Victor Manuel II, istrinya Margarita dan putranya Umberto, sejak era Renaissance, Pantheon telah menjadi rumah bagi Akademi Seni Rupa dan Sastra Virtuosi al Pantheon. Ini yang jadi alasan mengapa seniman seperti Vignola dan Raphael sendiri dimakamkan di dalam gedung.

Saat berkunjung ke Pantheon luangkan waktu sejenak untuk mengamati makam Raphael dan membaca tulisan Latin yang berbunyi ‘Di sinilah letak Raphael yang olehnya seluruh alam semesta takut padanya. Namun saat Ia mati, dia justru takut akan mati sendirian,’.

Setiap tahun pada hari Pentakosta, ada tradisi yang diadakan disana dan dikenal sebagai acara Mandi Kelopak Mawar. Setelah misa, jutaan kelopak mawar merah dilemparkan ke bawah melalui oculus (bagian tengah kubah Pantheon). Kelopak bunga mawar yag bertaburan dari atas oculus melambangkan Roh Kudus. Setiap orang yang hadir sudah pasti merasa takjub saat melihat acara tahunan ini.

Leave a Reply

  • (not be published)