JAKARTA – Selama pandemi corona banyak orang yang memutuskan untuk berhenti berolahraga. Meski demikian, banyak juga yang tidak tahan untuk terus berolahraga. Segala hal dilakukan, salah satunya lari sambil mengenakan masker pelindung. Apakah hal tersebut dibenarkan?

Private Trainer Fitness First Hendra Tia Gunawan mengatakan tidak akan ada oksigen yang masuk ke sirkulasi darah bila berolahraga dengan memakai masker. Jadi sangat berbahaya untuk kerja jantung.

Private Trainer Fitness First Hendra Tia Gunawan Foto: Dokumen Pribadi)

“Tidak disarankan, sangat berbahaya untuk jantung karena sudah ada kasus (orang) meninggal karena olah raga menggunakan masker,” ujar Hendra saat berbincang dengan The Editor beberapa waktu lalu.

Agar tubuh tetap fit meski jarang berolahraga, lanjutnya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menjaga pola tidur 7-8 jam per hari, mulai dari pukul 10.00 – pukul 05.00 WIB. Selain itu, pola makan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan kalori sehari-hari dan harus diperhatikan kebutuhan nutrisi, protein dan karbohidrat.

“Selama program Work From Home (WFH) berlangsung bisa gerak-gerak di rumah dengan jogging pagi hari atau olah raga body weight,” tambahnya.

Makanan yang harus dihindari selama pandemi corona adalah makanan cepat saji atau junk food serta makanan yang di dalamnya terkandung LDL (Low Density Lipoprotein) atau lemak jahat, serta makanan yang mengandung gula berlebih.

Untuk mereka yang sudah terbiasa dengan olahraga rutin, Hendra mengimbau untuk lebih sering mengikuti kelas online yang banyak diadakan oleh pusat olahraga besar di Indonesia. Tapi hal ini tidak berlaku untuk pemula karena dikhawatirkan akan memicu cedera otot dan tubuh. Pelatih yang berpengalaman menurutnya sangat berperan penting dalam program ini.

“Bagaimana cara berolahraga yang baik selama corona ini? Ikuti kelas online yang diadakan oleh Mega Gym terbesar yang diadakan di sosial media yang dilatih oleh personal trainer, coach atau instructor yang berpengalaman karena kelas akan dilakukan dengan tutorial dan teknik gerakan yang benar dengan gerakan disesuaikan untuk pemula atau advance,” ujar Hendra yang juga adalah seorang pelatih olah raga yang membuka kelas online.

Selama pandemi corona, berolahraga di dalam atau di luar ruangan menurut Hendra sama saja, yang terpenting adalah menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, seperti menerapkan aturan social distancing atau menjaga jarak, tidak berkerumun dan tetap menggunakan masker saat tidak berolahraga atau melakukan aktivitas berat.

“Khusus untuk yang olah raga di dalam atau Indoor harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat agar orang yang latihan tetep merasa aman dan nyaman,” pungkasnya.

One Comment to: Olahraga Sambil Pakai Masker Sangat Berbahaya Bagi Jantung

Leave a Reply

  • (not be published)