ITALIA – Masyarakat di Roma, Italia perlahan mulai aktif ke gereja.

Suasana misa pagi di Gereja Santi Marcellino e Pietro al Laterano, Via Merulana di Roma. Italia (Fotografer: Martin Selitubun untuk The Editor)

Beberapa orang terlihat mulai meramaikan Gereja Santi Marcellino e Pietro al Laterano, Via Merulana di Roma. Italia, Minggu (25/6). Aktivitas misa pagi yang dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat tersebut dilakukan di halaman gereja. Tampak beberapa orang berdiri diluar pagar, namun ada juga yang masuk ke halaman gereja.

“Dalam situasi ini, mengikuti protokol kesehatan adalah hal yang utama. Jaga jarak, pakai masker, sarung tangan adalah hal yang mutlak,” ujar Pastor Martin Selitubun kepada The Editor.

Martin yang tengah menempuh jenjang pendidikan di Roma ini mengatakan bahwa di area sekitar tempat tinggalnya di Roma masyarakat terlihat mulai beraktivitas seperti biasa. Kebanyakan diantara warga Roma umumnya menghabiskan banyak waktu di taman berolahraga atau sekedar bersantai. Mereka yang ada di taman umumnya para orang tua yang ingin berjemur, sementara anak muda di Roma lebih memilih untuk berolahraga atau jalan kaki.

Aturan beraktivitas diluar ini kata Martin sudah dimulai sejak 4 Juni 2020 kemarin di Roma, Italia. Meski aturan tersebut resmi dikeluarkan oleh pemerintah, namun masih ada masyarakat yang lebih memilih untuk tinggal di rumah.

“Banyak orang memilih tinggal di rumah karena penyebaran masih ada,” katanya.

Kata Martin kegiatan masyarakat di luar ruangan masih di kontrol ketat oleh polisi. Aparat diketahui masih mengadakan patroli diseluruh tempat di Roma, Italia.

Leave a Reply

  • (not be published)