Kawasan wisata Harajuku di Tokyo, Jepang (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

JEPANG – Deretan kabel listrik yang semrawut memenuhi kawasan fashion yang sangat terkenal di Tokyo yang bernama Harajuku. Harajuku adalah adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo.

Distrik ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Kuil Meiji, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dōri), department store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi.

Harajuku juga menjadi gudang fashion anak muda. Distrik ini memang gudangnya distro-distro kelas atas yang membanderol harga pakaiannya dengan harga diatas rata-rata. Setelah dibukanya berbagai department store pada tahun 1970-an, Harajuku menjadi pusat busana.

Kawasan ini menjadi terkenal di seluruh Jepang setelah diliput majalah fesyen seperti Anan dan non-no. Pada waktu itu, kelompok gadis-gadis yang disebut Annon-zoku sering dijumpai berjalan-jalan di kawasan Harajuku. Gaya busana mereka meniru busana yang dikenakan model majalah Anan dan non-no.

Namun, dibalik mahalnya toko-toko yang berderet di sepanjang Harajuku, kabel semrawut jadi pemandangan yang memberi rasa heran bagi setiap pelancong yang datang. Dari kejauhan gerbang besar dengan tulisan Harajuku menyambut para pendatang ke distrik ini. Kabel semrawut juga terlihat dibalik gerbang pualam tersebut. Pemandangan serupa dapat dengan mudah ditemukan di setiap sudut pusat kota Tokyo. Tak ada bedanya dengan Jakarta.

Hanya saja, semrawut kabel di Kota Tokyo masih bisa ditoleransi. Beda dengan Jakarta, semrawut kabelnya hanya bisa membuat anda geleng-geleng kepala saja.

Leave a Reply

  • (not be published)