PRAHA – Meskipun kota Praha memiliki puluhan jalur trem dan metro tetapi kota ini tetap saja tidak bebas dari kendaraan yang parkir di sepanjang sudut jalan kecil dan gang sempit.

Salah satu sudut Kota Praha yang dipenuhi kendaraan yang parkir (Fotografer: Elitha Evinora Tarigan)

Mobil yang parkir di sepanjang jalan kecil ternyata sangat menyulitkan pejalan kaki. Pasalnya tidak semua di Ibukota Republik Ceko ini memiliki jalur pedestrian yang memadai. Jadi kerap kali pejalan kaki harus beradu dengan mobil yang parkir di bahu jalan.

Pemandangan seperti ini bisa ditemukan hampir di setiap gang kecil tempat dimana toko dan perkantoran berada. Namun hal serupa tidak akan ditemukan di kawasan pusat kota seperti area Wenceslas Square.

Untuk diketahui, pemerintah Kota Praha membuat aturan yang mengontrol kecepatan mobil yang melintas di setiap area. Misalnya, kecepatan untuk kendaraan bermotor dengan berat maksimum tidak lebih dari 3.500 kilogram dan bus antar kota adalah 90 kilometer per jam. Kemudian kendaraan yang lebih dari 3.500 kilogram beratnya adalah 80 kilometer per jam. Batas kecepatan untuk kendaraan bermotor yang beratnya hingga 3.500 kilogram adalah 130 kilometer per jam.

Sementara itu untuk kecepatan maksimum kendaraan bermotor di wilayah perkotaan adalah 50 kilometer per jam dan di jalan raya utama adalah 80 kilometer jam. Sekilas info, jalan raya utama kota Praha kebanyakan dilalui juga oleh trem dan metro. Jadi pejalan kaki yang menyeberang jalan diimbau untuk berhati-hati dan selalu memperhatikan rambu lalu lintas.

Bila anda ingin mencoba memacu kendaraan sendiri di Praha maka berkendaralah di sebelah kanan. Di daerah perkotaan pengemudi dapat berkendara di jalur mana pun. Sementara itu di luar area perkotaan, pengemudi dapat memacu kendaraannya di jalur kanan karena jalur lainnya hanya bisa digunakan untuk melewati atau menikung.

Leave a Reply

  • (not be published)