PRAHA – Suatu hari di musim dingin di kota Praha, Republik Ceko. Saat menikmati perjalanan tiba-tiba dua orang wanita naik dan mulai memaksa penumpang untuk menunjukkan tiket mereka. Dengan tampang sangar mereka memeriksa satu per satu tiket penumpang dan bila kedapatan tidak membeli maka akan diseret langsung dengan kasar oleh mereka.

Jalur Trem di Kota Praha, Republik Ceko (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

Awalnya mereka naik seperti penumpang biasa dan hampir tidak terlihat ada kejanggalan. Saat tram mulai berjalan mulailah mereka memasang lencana khusus di lengan mereka dan mulai berubah sikap.

Dari sudut pandang saya memang agak kasar cara mereka menyeret penumpang yang tidak membeli tiket. Tapi untuk orang yang suka melanggar aturan menurut saya hukuman semacam itu cukup wajar. Semoga Jakarta juga memiliki disiplin yang kuat seperti itu.

“Untung tadi kita beli tiket,” ujar Palkon, rekan seperjalanan saya.

Bentuk tiket tram di Praha adalah kertas kecil yang nantinya harus di tap saat anda naik keatas. Tiket seharga 2 euro itu berlaku selama 90 menit perjalanan. Jadi, kalau anda berwisata dalam kota lebih baik tidak terlalu terpaku pada masa berlaku tiket tersebut.

Lebih baik fokus pada destinasi wisata yang anda tuju karena umumnya lokasi wisata di Praha cukup luas dan sangat sulit dinikmati bila berpatokan pada masa berlaku tiket tram. Intinya harus menyediakan uang lebih saat anda ingin berwisata di negara Republik Ceko yang memang agak mahal.

Sekedar info, mereka menyediakan harga tiket tram yang berbeda untuk anak-anak yakni, hanya 0.90 euro. Sementara itu untuk anak brumur 6 – 14 tahu akan mendapat diskon dengan syarat membawa tanda pengenal yang disediakan khusus oleh pemerintah Praha.

Selanjutnya, untuk warga berusia 60 – 69 tahun juga disediakan tiket khusus yang telah disediakan oleh pemerintah dan bisa dibeli di tempat-tempat khusus. Anda tinggal menunjukkan paspor, membawa foto ukuran paspor dan membayar sebesar 20 CZK atau setara dengan 0.90 euro saat hendak mengajukan tiket gratis.

Sementara itu warga negara yang berumur diatas 70 tahun diizinkan naik tram secara gratis dengan hanya menunjukkan pasport sebagai barang bukti.

Begitu naik ke atas tram anda akan langsung menemukan mesin tap kecil. Tap tiket anda dan selamat menikmati perjalanan yang menyenangkan di kota Praha.

Leave a Reply

  • (not be published)