Wanita tersebut meninggal dunia karena tim medis gawat darurat Australia mengaku tengah sibuk menangani pasien lain (Foto: ABC News: Daniel Fermer, File Photo)

AUSTRALIA – ABC NEWS merilis bahwa wanita berusia 30-an tersebut menelpon ambulans dengan menekan triple zero. Ia menghubungi layanan ini dari rumahnya yang berada di Caulfield North pada Rabu malam dan melaporkan kondisinya yang mati rasa, kesemutan dan pusing.

Sekretaris Serikat Ambulans Danny Hill mengatakan dilihat dari lokasi tempat tinggal wanita tersebut, maka ambulans seharusnya tiba dalam waktu 25 menit hingga 60 menit karena berada di zona berkode 2 atau 3.

Hill mengklaim telah melakukan segala hal, dalam hal ini yang Ia maksud adalah bagian pusat komunikasi triple zero. Katanya bagian ini telah mencoba menghubungi wanita itu agar bisa mendapatkan bantuan paramedis untuknya. Namun disaat itu di jam yang sama juga tengah terjadi permintaan yang tinggi terhadap layanan kesehatan.

“Malam itu adalah malam yang sangat sibuk. Semua kru kesehatan berada di rumah sakit (membawa pasien),” ungkapnya.

“Sayangnya, pada saat ambulans hadir, enam jam telah berlalu dan Ia telah meninggal,” ungkapnya.

Saat tiba disana, lanjutnya, tim paramedis juga menghalangi hambatan saat masuk ke gedung. Salah satunya saat seekor anjing tiba-tiba hadir di depan mereka. Meski demikian, Hill mendapat laporan bahwa tim paramedis dapat melihat wanita tersebut terbaring di lantai saat tengah mencoba masuk ke dalam rumah.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Martin Foley telah menginstruksikan Ambulans Victoria dan Safer Care Victoria untuk segera melakukan penyelidikan atas kematian wanita tersebut.

Pejabat kepala operasi ambulans Victoria, Mick Stephenson membenarkan bahwa organisasi tersebut sedang menyelidiki tragedi ini.

“Untuk menghormati keluarga yang sedang berduka, saya tidak akan berkomentar lebih lanjut,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Departemen Layanan Darurat Australia Tidak Bisa Melayani Masyarakat Karena Permintaan Yang Tinggi Di Lapangan

Hills mengeluhkan isu tidak adanya ambulans yang parkir saat ditelpon oleh wanita tersebut. Ia mengatakan bahwa saat itu permintaan atas layanan ambulans sangat tinggi. Hal ini bahkan membuat tim paramedis saat itu tidak bisa meninggalkan pasien karena harus diantarkan ke bagian gawat darurat.

Katanya, ada banyak faktor yang membuat ambulans lama tiba di rumah wanita tersebut. Diantaranya banyaknya permintaan dari pasien, jam kerja staf yang pendek dan kurangnya tempat tidur darurat.

Juru bicara kesehatan oposisi Australia Georgie Crozier mengatakan lambannya penanganan terhadap wanita miskin tersebut menjadi pertanda bahwa sistem layanan gawat darurat dan sistem kesehatan Australia tengah mengalami krisis.

Katanya, pemerintah harus memprioritaskan anggaran untuk membangun sistem kesehatan agar bisa melayani bencana besar seperti kejadian yang dialami wanita tersebut.

Leave a Reply

  • (not be published)