LAOS – Luang Prabang juga dikenal sebagai tempat para biksu karena banyak biara yang bisa anda temukan disana.

Setiap pagi biksu dari seluruh biara di Luang Prabang akan menghampiri setiap masyarakat yang siap memberikan sedekah berupa nasi ketan (Foto: Sumonchaya/ THE EDITOR)

Setiap pagi puluhan biksu akan berjalan disepanjang wilayah Luang Prabang untuk mencari sedekah. Masyarakat umumnya memberikan ketan yang sudah dimasak sebagai pemberian kepada para biksu. Tapi seiring waktu masyarakat juga mulai memberikan panganan lain ke dalam tiap-tiap wadah yang terbuat dari perak atau kuningan kepada para biksu.

Syarat yang harus dipenuhi untuk ikut memberikan sedekah adalah harus memiliki hati yang suci dan murni saat menyiapkannya. Salah satunya adalah Wat Xiengthong yang menjadi biara terindah dan terbesar di Luang Prabang. Dibangun oleh raja Setthatirath sekitar tahun 1560, biara ini bisa dicapai hanya berjarak 10 menit dari Pusat Informasi Kota.

Berwisata di Luang Prabang sangat menyenangkan. Meski dihuni oleh ratusan biksu tapi turis dari manca negara terlihat sangat santai saat menikmati waktu disini. Diantaranya bebas mengenakan pakaian apapun kecuali saat anda memasuki wilayah biara.

Meski demikian jadilah turis yang berbeda karena tempat ini menawarkan wisata rohani untuk mereka yang ingin mencari ketenangan. Banyak hotel dengan berbagai varian harga dari yang murah sampai yang super mahal.

Anda bisa mendapatkan penerbangan langsung dari beberapa negara ke Luang Prabang. Sayangnya Indonesia belum memiliki jalur kerja sama seperti itu dengan pemerintah Laos. Pastikan anda membawa dokumen lengkap saat traveling ke Laos karena selalu ada pemeriksaan di beberapa kota meski sudah melewati jalur perbatasan.

Selama disana anda bisa gunakan mata uang lokal The Lao Kip, Baht dan Dollar. Jadi tidak perlu cemas kalau diperjalanan anda lupa menukarkan uang. Akses internet di Luang Prabang juga sangat memadai. Jadi anda tidak akan tersisih dari dunia luar sat tiba disini.

Untuk kartu kredit di Luang Prabang umumnya menggunakan Visa, sementara untuk Master Card dan American. Express biasa dipakai di hotel, guest house, restoran atau toko souvenir.

Pihak hotel biasanya menyediakan sepeda untuk berkeliling di sepanjang kota dan gratis. Satu lagi yang harus anda ingat bahwa udara di Luang Prabang cenderung lembab jadi bawalah pakaian nyaman yang bisa menyerap keringat.

Leave a Reply

  • (not be published)