Slovenia – Bila anda berkunjung ke Kota Ljubljana, Slovenia jangan pernah lupa singgah di Cafe Cacao. Toko cokelat yang legendaris ini selalu penuh oleh pengunjung.

Fotografer : Palkon untuk The Editor

Kalau beruntung anda mungkin tidak perlu antri untuk dapat tempat duduk karena saat musim dingin banyak pengunjung yang memadati tempat ini.

Kafe ini juga menyajikan pemandangan spesial tepi sungai. Sambil minum kopi atau makan cokelat anda dapat menikmati kapal kecil yang berseliweran di sepanjang jalur sungai. Atau bila memang ingin suasana indoor, anda tinggal naik ke lantai dua dan menikmati pemandangan puncak menara bangunan – bangunan tua di Ljubljana.

Harga yang tertera di buku menu untuk sajian cokelat sebenarnya agak mahal, yakni berkisar antara 3,50 euro – 9,40 euro. Daftar menu kafe yang jumlahnya hampir ratusan ditulis dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Slovenski. Untuk pembayarannya anda bisa menggunakan Euro sebagaimana di negara eropa lainnya.

Satu hal yang anda harus ingat adalah jangan pernah bertanya tentang kafe starbuck karena bagi warga disini produk mereka tidak disukai. Terkesan angkuh memang tapi masuk akal. Pasalnya pemerintah Slovenia sangat mendukung perkembangan industri lokasl dan UMKM. Tidak percaya? silahkan datang ke kota ini dan nikmati segala macam sajian lokal berkelas internasional.

Meski demikian kafe ini menawarkan harga yang murah untuk sajian kopi tapi sangat mahal untuk menu kue cokelat. Harga maksimal yang bisa anda temukan di buku menu untuk kopi adalah Rp30.000. Lebih masuk akal kan dibandingkan dengan harga kopi di Jakarta?

Leave a Reply

  • (not be published)