Black coffee di salah satu cafe di Rusia Foto: Ksenia)

BELITUNG – Belitung Timur adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Daerah ini pernah menjadi pusat penambangan timah terbesar di Indonesia di masa kolonial Belanda hingga masa orde baru. Mengunjungi Belitung Timur tak akan lengkap rasanya bila belum mengunjungi pantai indah nan eksotis.

Ada beberapa pantai yang dapat anda kunjungi diantaranya Pantai Burung Mandi, Pantai Bukit Batu, Pantai Bunai, Pantai Serdang dan Pantai Lalang. Kendati tak sebagus pantai yang ada di Belitung Barat namun pantai ini cukup terkenal. Tak hanya pantai, wisatawan juga bisa menikmati keindahan danau di wilayah ini.

Danau Mempayak, demikian namanya sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Tapi hati-hati karena masih banyak buaya liar yang berkeliaran di lokasi. Hal lain yang harus dinikmati saat berada di Belitung Timur adalah menikmati deretan warung kopi disetiap sudut desa.

Kopi O, demikian masyarakat menyebut Kopi hitam yang didatangkan langsung dari Lampung ini. Kopi O terkenal bukan hanya karena kenikmatannya saja, melainkan dari cara masyarakat disini menikmatinya. Setiap tegukan Kopi yang masuk selalu diiringi dengan berbagai macam obrolan mulai dari yang ringan hingga ke topik politik.

Keistimewaan Kopi O ini memang karena ampasnya diminum bersamaan. Tak hanya turis atau pejabat, kadang orang terkenal pun bisa anda temukan saat menikmati kopi disini.

Meski bukan penghasil kopi awalnya namun seluruh masyarakat di Belitung gemar menikmati kopi. Perkebunan kopi mulai dikembangkan sekitar tahun 2012-2013. Dulunya mereka lebih sering mendatangkan kopi langsung dari Lampung atau Sumatera Utara.

Jap (41) pemilik salah warung kopi di Desa Gantung mengatakan bahwa setiap harinya mereka bisa menjual hingga 150 gelas kopi. Kopi yang mereka pakai dan banyak diminati pengunjung adalah Kopi Lampung. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp6.000-Rp15.000 anda bisa menikmati es kopi O dan kopi susu.

Cemilan seperti pisang goreng atau mie goreng juga umum disediakan disini. Untuk menuju Belitung Timur, anda dapat mengakses dari Bandar Udara H. A. S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung. Jarak dari bandara ke Belitung Timur berkisar antara satu hingga satu setengah jam.

Banyak hotel yang dapat anda temui di daerah sekitar Manggar dan Gantung yang menawarkan harga bervariatif yang dilengkapi dengan jasa penjemputan. Selamat menikmati liburan di kota Bangka Belitung!

Leave a Reply

  • (not be published)