Pemandangan dari atas puncak Gunung Ai Petri (Foto: Ksenia untuk The Editor)

CRIMEA – Gunung Ai Petri adalah salah satu puncak dan landmark terpenting Crimea, sebuah republik yang berada di semenanjung Ukraina.

Dinamai setelah Santo Petrus, Gunung Ai Petri terletak di dekat kota Yalta, yang merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Crimea.

Ketinggian gunung ini diperkirakan mendekati 4050 kaki. Anda dapat mencapai puncaknya dengan menggunakan kereta gantung, tetapi banyak pencinta alam yang lebih memilih untuk mendaki gunung ini sambil menikmati hamparan laut dan pemandangan daerah yang benar-benar menakjubkan.

Salah satu tempat yang paling populer dikunjungi di tempat ini adalah puncak gunung yang terbentuk karena pelapukan terumbu kapur yang tidak homogen selama ribuan tahun.

Bentuknya menyerupai kastil kuno. Puncaknya terdiri dari empat bukit besar dengan ketinggian 60-80 meter dan sejumlah bukit kecil.

Puncak Ai-Petri sebelumnya hanya dapat diakses oleh para pendaki profesional. Puncaknya ditandai dengan salib dan tanda yang bertuliskan Bless and Save.

Beberapa tahun terakhir ini jembatan kabel yang sudah dibangun menuju puncak gunung memungkinkan pengunjung untuk naik hingga ke puncak salib yang berdiri diatas formasi bebatuan.

Namun, menuju puncak gunung lewat jembatan kabel hanya bisa dicapai saat cuaca cerah karena kabut lebih sering menaungi tempat tersebut.

Bila beruntung, Anda dapat menikmati pemandangan yang luar basa dari atas puncak dengan ketinggian 1234 meter diatas permukaan laut. Diantaranya dapat menikmati hamparan awan diatas gunung yang luas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki umumnya.

Leave a Reply

  • (not be published)