Mata air yang berada di Desa Cingkes ini adalah milik keluarga Tarigan Tambak (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

TANAH KARO – Desa ini memang sangat unik karena dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan pohon pinus diatasnya.

Desa Cingkes adalah desa yang memiliki puluhan mata air yang sebagian besar digunakan untuk mengiri tambak ikan tradisional. Salah satu mata air terbesar di desa ini dimiliki oleh keluarga Tarigan Tambak.

Untuk menuju mata ini memang agak sulit, pengunjung harus melewati pinggiran tambak ikan yang dipenuhi rumput dan ilalang.

Pada jaman dahulu, mata air ini salah satu tempat pemandian yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing. Bahkan disebutkan bahwa salah satu perusahaan air minum berskala internasional juga ingin mendirikan perusahaannya disini. Namun tidak diizinkan oleh warga.

Saat tiba di lokasi mata air, anda akan menemukan sebuah kolam berair jernih dengan dasar kolam berwarna biru muda. Sangat cantik dan enak dipandang mata.

Hanya suara alam dan air yang mengalir deras yang terdengar. Saya langsung ingin menceburkan diri ke dalam kolam begitu tiba. Rasanya semua lelah saya terbayar saat melihat pemandangan disekitar saya yang sempurna.

Rasa air dari mata air ini juga manis, masyarakat sekitar sangat menjaga kebersihan tempat ini karena masih banyak juga diantara mereka yang percaya bahwa ada kekuatan magis yang bisa didapatkan dan dilihat di tempat ini. Jadi, pengunjung harus menghormati kepercayaan masyarakat setempat dengan ikut menjaga kebersihan.

Leave a Reply

  • (not be published)