BUDAPEST – Saat ini Buda Castle digunakan sebagai museum tempat dimana lukisan dan benda seni terbaik dunia dipajang disana. Tapi di jaman dahulu tempat ini adalah sebuah kastil bagi para raja Hungaria. Kastil ini selesai dibangun tahun 1265 dan terletak di sebuah bukit di seberang Sungai Danube. Cara menemukannya juga sangat gampang, tinggal cari lokasi Jembatan Rantai Szechenyi maka anda akan langsung melihat sebuah istana dengan puncak menara berwarna hijau jamrud di depan mata. Tapi jangan sampai salah jembatan mengingat terdapat beberapa jembatan penghubung yang membelah Sungai Danube.

Tahun 1987 kastil ini dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco karena memiliki nilai historis yang tinggi. Buda Castle merupakan kastil pertama yang dibangun oleh Raja Bela IV Hungaria antara tahun 1247 sampai 1265. Dalam perjalanannya, kastil ini terus menerus diperbaharui dan dibangun sesuai dengan kebutuhan saat itu. Namun bangunan paling muda dari kastil tersebut dibangun pada abad ke-14 oleh Stephen Slavonia yang merupakan adik dari Raja Louis I dari Hungaria.

Dibawah kekuasaan Raja Sigismund kastil ini mendapat pengakuan sebagai salah satu tempat tinggal raja yang paling megah diseluruh Eropa. Dan bahkan Buda Castle mendapat julukan sebagai Istana Gotik terbesar di akhir abad pertengahan. Salah satu sudut penting yang dibangun olehnya adalah di bagian utara kastil yang dikenal dengan Fresh Palace, dimana sebuah aula dibangun dengan langit-langit berukir kayu dengan balkon yang menghadap ke Kota Buda. Berbagai macam patung dan lambang kerajaan diletakkan di sudut ruangan ini.

Serangan Kerajaan Ottoman

Kerajaan Hungaria jatuh dalam peristiwa Pertempuran Mohacs. Kerajaan Turki Utsmaniyah menduduki kota yang dievakuasi pada 11 September 1526. Meskipun Kota Buda diserang dan dibakar tapi kastil ini tidak dirusak. Sultan Sulaiman Yang Agung membawa semua patung perunggu seperti Patung Hunyadis, Patung Athena, Patung Pallas Athena dan Patung Hercules ke konstantinopel. Namun patung tersebut hancur disana saat terjadi pemberontakan setelah beberapa tahun kemudian. Di tahun 1529 kastil ini sempat mengalami rusak parah saat diduduki oleh tentara Ottoman. Para sejarawan Turki memang menulis keindahan istana milik para Raja Hungaria namun pada kenyataannya pemerintah Ottoman justru membiarkan kastil itu tidak terawat. Di jaman mereka istana ini hanya dijadikan sebagai barak tentara dan gudang.

Begitu banyak masa yang dilewati oleh Buda Castle. Berbagai macam peristiwa bersejarah hingga Perang Dunia Kedua dilaluinya. Di tahun 148 pemerintah Hungaria memutuskan melakukan modernisasi dan mengubahnya jadi Museum Nasional dan Museum Sejarah Budapest. Museum Nasional dibuka untuk umum dengan jam buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 06.00 (Selasa sampai Minggu kecuali Senin karena libur). Sementara itu Museum Sejarah Budapest hanya dibuka di waktu tertentu saja yakni pada musim semi antara tanggal 1 Maret – 31 Oktober dengan jam buka di waktu yang sama dan hari yang sama kecuali Senin. Dan saat musim dingin yang berkisar antara tanggal 1 November sampai 20 Februari museum hanya dibuka dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 04.00 sore. Meski tutup di hari Senin namun akan dibuka bila bertepatan pada saat libur nasional.

Menikmati keindahan Buda Castle juga bisa dilakukan di malam hari dari atas kapal mewah. Lampu yang dipasang di seluruh bangunan ini akan membuat anda terkagum. Namun bila anda lebih suka menikmatinya sambil duduk di cafe, saya sarankan untuk melihatnya dari seberang Sungai Danube karena pemandangannya pun tak kalah menakjubkan.

Leave a Reply

  • (not be published)