Ribuan orang padati Lapangan Santo Petrus untuk mendengar Doa Angelus di Vatikan (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

VATIKAN – Angelus Prayer adalah doa khusus yang dilakukan tiga kali dalam sehari oleh seluruh orang Katolik di dunia. Setiap hari, Angelus Prayer dilakukan pada pukul 06.00 pagi, 12.00 suang dan pukul 06.00 sore dengan rentang waktu sekitar 15-20 menit.

Namun, ada Angelus Prayer yang khusus dibawakan oleh Paus Fransiskus sendiri setiap hari Minggu pada waktu pagi hari. Doa khusus ini akan dibawakan oleh Paus langsung dari pintu jendela kediamannya selama 15 menit sampai 20 menit. Lokasinya adalah Lapangan Santo Petrus yang tepat menjadi lokasi berdirinya Basilika Santo Petrus.

Anda tidak perlu terburu-buru datang untuk mengikuti Angelus Prayer ini. Karena lokasi rumah Paus yang cukup tinggi membuat setiap orang bisa menyaksikan Paus yang tengah berdiri sembari memimpin doa. Namun, hal ini cuma berlaku untuk mereka yang berdiri tepat di dalam Lapangan Santo Petrus. Tapi bila tidak, maka Anda hanya akan mendengar suara tanpa bisa melihat lokasi jendela tempat Paus biasanya memimpin doa.

Bila Anda turis, pemandangan semacam ini juga sangat menarik untuk diperhatikan. Karena setiap orang tanpa terkecuali akan datang berduyun-duyun ke Lapangan Santo Petrus untuk mengarkan suara pemimpin tertinggi umat Katolik ini. Mereka tidak beribadah sebagaimana biasanya karena Paus hanya akan membacakan doa penting untuk dunia dan peristiwa yang tengah terjadi akhir-akhir ini.

Usai memimpin doa, Paus biasanya sering menyapa orang-orang yang tengah berdoa dengan berbagai macam bahasa. Terutama kepada orang-orang yang membawa serta bendera kebangsaan mereka. Momen ini sangat menarik karena setiap orang akan bertepuk tangan saat Paus menyapa dalam bahasa-bahasa bendera negara yang Ia tengah lihat dari pintu rumahnya.

Tak lebih dari 20 menit, ribuan orang yang tadinya memenuhi Lapangan Santo Petrus akan kembali ke aktivitasnya masing-masing. Sebagian diantaranya melanjutkan kembali aktivitasnya sehari-hari seperti jualan, atau bila mereka turis maka mereka akan masuk ke dalam Basilika Santo Petrus.

Bila ingin melihat lokasi jendela dimana biasanya Paus membawakan Angelus Prayer maka disarankan datang lebih awal. Momen ini sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat dunia. Namun, di masa serangan pandemi corona akhir-akhir ini, Gereja Katolik sempat meniadakan doa khusus ini. Padahal tempatnya menyapa berada sangat jauh da tinggi.

Tapi, beberapa waktu lalu, Doa Angelus ini pernah dilakukan oleh Paus saat Lapangan Santo Petrus ditutup. Jadi, tidak ada umat yang menunggu sebagaimana biasanya. Namun, gema suara Paus dari alat pengeras suara kabarnya sampai ke setiap ujung jalan di Vatikan dan Roma. Momen ini sangat mengharukan karena setiap masyarakat mendengarkan sambil berdoa di rumah mereka masing-masing.

Dari Mana Paus Fransiskus Menyapa Umatnya?

Paus Fransiskus menyapa umat Katolik setiap Minggu pagi dari kediamannya yang terletak di samping Basilika Santo Petrus. Namun, perlu diingat bahwa sapaan dari Paus ini hanya dilakukan bila Ia tengah berada di Vatikan. Jadi, setiap doa yang Ia bawakan langsung bukan direkam untuk disampaikan lewat alat pengeras suara ke seluruh area Vatikan dan Roma.

Saat paling menyenangkan berkunjung dan mendengarkan Doa Angelus adalah di musim panas karena Anda tidak akan tersiksa oleh dinginnya udara musim dingin serta salju Eropa. Tidak ada larangan cara berpakaian saat hendak mengikuti tradisi ini. Namun disarankan untuk berpakaian rapi karena pada umumnya orang-orang Eropa memakai pakaian yang sopan untuk menghormati Paus Fransiskus serta gereja.

Leave a Reply

  • (not be published)