AFGHANISTAN – Kepala Eksekutif Persatuan Nasional yang juga mencalonkan diri sebagai Presiden Afghanistan, Abdullah Abdullah mengungkapkan bahwa tidak ada artinya gencatan senjata di Afghanistan bila perang dalam negeri terus berlanjut. Berikut hasil wawancara Pemimpin Redaksi Afghanistan Times, Mansoor Faizy dengan Abdullah Abdullah seperti dilansir dalam www.afghanistantimes.af.

Dokumen Foto : Afghanistan Times

Apakah Amerika benar-benar jujur ​​dalam membicarakan perjanjian damai? Pasalnya Taliban selalu mengatakan bahwa Amerika mengajukan syarat baru dan tuntutan yang berulang-ulang? Apa artinya?

Rincian yang dibahas dalam negosiasi di antara mereka dibagikan dengan pemerintah Afghanistan. Mereka beringsut mendekati kesepakatan tetapi serangkaian serangan terjadi di Afghanistan. AS berpikir bahwa rakyat Afghanistan juga harus mendapatkan sesuatu dari kesepakatan ini. Seperti yang dikatakan Taliban kepada AS bahwa mereka akan mengamati gencatan senjata dengan pasukan mereka tetapi tidak dengan pemerintah Afghanistan, usul ini tidak diterima oleh AS. Itu adalah langkah yang baik di pihak AS karena tidak masuk akal untuk mencapai gencatan senjata dengan orang asing tetapi terus memerangi rakyat Anda sendiri.

Bagaimana Anda menilai peran Pakistan, Iran, Cina, Rusia dan negara-negara kawasan lain dalam proses perdamaian Afghanistan?

Semua negara memiliki pengaruh mereka sendiri dan terpengaruh perang juga. Terlepas dari apa yang diyakini sebagian orang saya rasa tidak ada negara yang dapat mengambil manfaat dari perang. Beberapa negara mungkin menganggapnya bermanfaat tetapi hanya untuk jangka pendek. Namun dalam jangka panjang kelanjutan perang itu merugikan semua orang.

Mengapa ARG dan Istana Sapidar mengeluarkan dua pernyataan terpisah tentang pertemuan dengan Khalilzad?

Kami telah menyiarkan apa pun yang kami dengar. Kami tidak mungkin merilis pernyataan yang bertentangan. Mereka yang memutarbalikkan pernyataan harus dituntut.

Apakah ada perkembangan yang dibuat sehubungan dengan pembicaraan intra-Afghanistan? Apakah Anda di dalam lingkaran?

Ada beberapa pandangan berbeda, tetapi sejauh ini tidak ada kemajuan signifikan yang dicapai. Ini perlu dikejar dengan benar.

Anda mengeluarkan permintaan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Apa reaksi Anda jika permintaan itu tidak dilaksanakan? Dan kedua, desas-desus menyarankan rencana anda menunjuk gubernur dan menteri sesuai penjatahan yang ditentukan dalam perjanjian Pemerintah Persatuan Nasional (NUG)?

Saya harus mengatakan bahwa tentang Kemenlu itu bukan hanya pendapat saya. Ada beberapa langkah yang diambil dalam reformasi yang tidak tidak semata untuk kepentingan kementerian. Orang-orang yang bekerja di sana adalah karyawan yang mengikuti langkah melawan hukum atas nama reformasi. Saya bertanggung jawab agar hal tersebut tidak terjadi.

Jika Anda bertanya kepada karyawan Kementerian Luar Negeri, lebih dari 90 persen percaya bahwa ini bukan reformasi. Dorongan reformasi mereka anggap akan menginjak hak mereka dan akan mendiskriminasikan mereka.

Sekarang, saya hanya akan mengatakan ini: Saya telah mengeluarkan perintah dan itu insyaallah akan diterapkan. Yang penting kita semua harus yakin bahwa NUG akan berlanjut sampai pemerintahan baru terbentuk. Saya belum mengambil tindakan lain tetapi saya menganggap perlu bahwa mereka yang berada dalam posisi otoritas harus bertindak sesuai dengan hukum. Dalam wawancara ini, saya tidak akan menyatakan hal lain tetapi saya berharap bahwa semua tindakan itu harus dicegah karena reaksinya tidak bermanfaat bagi siapa pun.

Dipercayai bahwa hasil pemilihan presiden tidak akan mengumumkan nama pemenang di babak pertama dan kedua tim pemilihan terkemuka sekarang sedang mencari cara untuk memperluas sistem NUG selama lima tahun ke depan? Apakah ini benar?

Tidak demikian! Hasil pemilihan harus diumumkan kepada orang-orang yang telah mengambil risiko memilih meskipun ada masalah keamanan. Kelanjutan dari kondisi saat ini untuk lima tahun lagi tidak memihak Afghanistan. Belum ada diskusi yang menyangkut hal ini sejauh yang saya tahu.

Jadi apa solusi Jenderal Dostum untuk bidang politik nanti?

Tidak, pendapat Jenderal Dostum telah terdistorsi. Sebagian dari pendapatnya diambil dari wawancara panjang. Tujuannya adalah bahwa konflik saat ini di dalam pemerintah tidak bisa berlanjut dan bukan tentang pemilihan. Komentarnya disalahartikan karena mengatakan ada ketegangan dalam NUG yang bukan untuk kepentingan rakyat. Saya berhubungan dengannya, Tuhan melarang jika perdamaian tidak membuahkan hasil. Kita akan menyaksikan musim perang yang sulit di depan. Pada titik ini, kami mengatakan bahwa pemerintah saat ini harus melanjutkan sampai pengumuman hasil, tetapi kelanjutannya untuk lima tahun ke depan benar-benar tidak dapat diterima.

Apakah akan ada pemilihan putaran kedua karena Fazel Ahmad Manawi menyatakan ini?

Saya seharusnya tidak mengatakan apa-apa tentang ini. Tim teknis kami memiliki beberapa ide tetapi saya yakin bahwa hasil pemilihan saat ini akan berubah.

Pertanyaan terakhir, dapatkah Anda menyampaikan pesan singkat tentang pemilihan dan perdamaian?

Perdamaian adalah tuntutan utama rakyat Afghanistan. Mayoritas absolut Afghanistan adalah mendukung perdamaian yang berkelanjutan dan abadi yang berarti perdamaian untuk semua. Saya tidak menawarkan prasyarat untuk mencapai perdamaian dan awal dialog antar Afghanistan, tetapi saya yakin itu baik jika pertempuran dikurangi dan gencatan senjata tercapai. Tapi gencatan senjata tidak boleh menjadi sine qua non yang mengeluarkan pembicaraan intra-Afghanistan. Semua warga Afghanistan harus duduk di belakang meja yakni, delegasi dari Republik Afghanistan dan delegasi dari Taliban. Ini awal yang baik untuk mengakhiri perang 40 tahun. Inilah keinginan saya. Kursi dan posisi seharusnya tidak mencegah hal ini.

Kedua, masalah saat pemilihan presiden. Cara pemilihan presiden dilakukan di sini, setengah rakyat Afghanistan paham tentang pemilihan dan mereka tahu apa yang telah terjadi dan apa yang belum. Saya berharap bahwa hasil yang transparan akan diumumkan sesuai dengan hukum. Saya yakin rakyat Afghanistan akan menerimanya. Pemilihan presiden yang adil akan membantu orang memiliki lebih banyak harapan untuk perdamaian. Jika kami tidak memiliki model pemilihan yang tepat, kami tidak dapat meyakinkan orang lain di meja perundingan damai.

Leave a Reply

  • (not be published)