TAIWAN – The Southern Branch of the National Palace Museum (NPMSB) adalah museum nasional Taiwan yang terletak di Kota Taibao, Kabupaten Chiayi dekat Stasiun THSR Chiayi.


Artefak menonjol lainnya termasuk Sutra Naga Tibet, yang berisi lebih dari 50.000 halaman, yang ditulis tangan dengan tinta emas di atas kertas kobalt. Hampir 40.000 lembar lembaran emas tipis digunakan dalam proyek yang dibuat pada masa dinasti oleh Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing (1644-1911) pada tahun 1669 dan diselesaikan oleh 117 biksu (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

Museum ini dibangun di atas danau buatan dengan sebuah jembatan yang melintas diantaranya. Dengan kata lain, museum ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan sangat cocok dijadikan sebagai kawasan wisata karena letaknya yang strategis.

Yang menarik dari museum ini adalah koleksinya yang sangat kuno, mulai dari gulungan sutra, lukisan tradisional China tempo dulu serta sejarah budaya yagn mengaitkan Taiwan dengan beberapa negara seperti China, India dan Persia. Dengan kata lain, museum ini menunjukkan sejarah budaya masyarakat yang ada di Taiwan saat ini.

Untuk anda yang gemar pada sejarah kebudayaan China lampau, museum ini adalah jawaban. Disini anda akan menemukan barang antik tertua di Asia. Selain itu, anda juga akan menemukan cara orang Taiwan menikmati teh sejak jaman dahulu serta corak keramik mana saja yang tetap bertahan dari abad ke abad.

Penggemar giok, tekstil artefak warisan China dan negara Asia lainnya akan sangat terhibur saat melihat koleksi kuno milik museum ini.

Leave a Reply

  • (not be published)