TANAH KARO – Tim travel The Editor sebenarnya tak sengaja menemukan keberadaan keju mozarella ini. Saat tengah berburu strawberry di kawasan Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kota Berastagi, Sumatera Utara, The Editor menyempatkan diri untuk mampir di Gundaling Farm Resto untuk makan siang.

Saat tiba di pintu masuk restoran, kami langsung dimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan pemeriksaan suhu tubuh. Usai menjalankan protokol kesehatan, seorang pramusaji langsung menjamu kami dan menjelaskan tentang makanan apa saja yang ada di restoran tersebut. Salah satu yang ditawarkan adalah untuk mencoba keju hasil olahan mereka.

Awalnya tim The Editor mengira keju yang dimaksud adalah keju impor yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan. Namun, alangkah mengagetkan saat kami dibawa ke lantai dasar gedung restoran tempat dimana tumpukan bongkahan keju berdiameter 30 cm ditumpuk dibalik kaca. Pemandangan semacam ini tentu sangat jarang ditemukan di Indonesia bukan?

Usai memuaskan diri dengan berbagai pengetahuan tentang keju di tempat tersebut, kami diajak kembali ke lantai atas tempat restoran berada. Tim The Editor memilih tempat duduk di ruang terbuka untuk menikmati udara pegunungan yang sangat segar.

Jangan lupa untuk mencoba Keju Andaliman khas restoran ini (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

Keju Andaliman, Keju Langka Yang Cuma Ada di Tanah Karo

Chef Hardi yang dipercaya sebagai koki utama di restoran ini pun menghampiri kami. Usai berbincang sejenak, Ia membawakan keju Mozarella yang merupakan salah satu menu utama disini. Mozarella yang mereka miliki ada juga yang masih hangat. Saat itu yang disajikan ke kami adalah Mozarella yang sudah dingin, rasanya ternyata sama dengan yang disajikan di restoran-restoran di Italia.

Chef Hardi juga menjelaskan bahwa keju yang diproduksi di Gundaling Farm Resto ini berasal dari peternakan sapi yang letaknya tak jauh dari restoran. Pengunjung juga bisa melihat peternakan sapi yang berada dibawah kendali PT. Putera Indo Mandiri Sejahtera ini secara langsung dan membeli susu pasteurisasi hasil olahan mereka.

Salah satu keju lokal hasil kreasi mereka adalah Keju Andaliman atau Tomme Andaliman. Rasa kuat dari andaliman saat disatukan dengan keju ternyata menciptakan cita rasa yang sulit untuk dilupakan. Tidak ada rasa bosan saat tiap potongan keju andaliman ini masuk ke dalam mulut. Ini merupakan cita rasa keju yang sangat jarang ada di dunia.

Masih banyak jenis keju rasa olahan lokal khas Tanah Karo di tempat ini yang tidak mungkin bisa anda dapatkan di belahan dunia manapun. Rasanya yang unik memang sangat menggoda untuk mencoba setiap gigitan keju dan olahannya yang dipadukan. Namun untuk anda yang belum biasa dengan rasa olahan daging khas restoran ini, mungkin sebelum mencobanya harus bertanya terlebih dahulu kepada chef dan pramusajinya terlebih dahulu. Karena restoran ini menawarkan daging sapi yang memiliki bau yang berbeda dengan yang biasa ditemukan di restoran. Jadi sebelum mengkonsumsinya baiknya ditanyakan.

 

 

Jangan jadikan Lock Down sebagai ajang tren dunia saja. Patuhi protokolnya!

Leave a Reply

  • (not be published)