JAKARTA – Protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 harus terus dijalankan meski keputusan Tahun Ajaran Baru 2020/2021 telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Ketua DPR RI Puan Maharani bercengkerama dengan tim Klinik Layanan Kesehatan DPR RI pada Selasa 16 Juni 2020 (Foto: Dokumen Pribadi)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengatakan bahwa orang tua/wali murid harus mematuhi prasyarat yang telah ditentukan terutama bagi sekolah-sekolah di zona hijau yang akan menggelar pembelajaran tatap muka.

“Seyogyanya tidak hanya diminta persetujuannya, tetapi orang tua/wali murid dilibatkan secara penuh dalam pelaksanaan protokol kesehatan kegiatan belajar mengajar tatap muka,” ungkap Puan di Jakarta usai menyerahkan bantuan 2 unit ventilator portable di Klinik Layanan Kesehatan DPR RI, di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/6).

Ia mengimbau agar prasyarat protokol kesehatan harus dibuat serinci mungkin dan mudah dipahami semua pihak. Disisi lain orang tua murid harus mematuhi dan melaksanakan protokol tersebut dan mengawal pelaksanaannya, terutama ketika siswa berada di rumah.

Aturan tersebut, kata Puan, bertujuan untuk mencegah penyebaran pandemic Covid-19 yang akhir-akhir ini marak terdengar kembali. Jadi, untuk mencegah corona adalah dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sama baik di sekolah dan di rumah.

“Apa yang terjadi di satu titik akan dapat mempengaruhi titik lainnya. Apa yang terjadi di rumah, dapat terbawa ke sekolah dan begitu juga sebaliknya,” tuturnya.

Kepada Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan, Puan Maharani meminta agar monitor dan evaluasi secara ketat terhadap proses kegiatan belajar mengajar tatap muka di zona hijau terus dilakukan. “Agar sekolah tidak menjadi klaster penyebaran virus covid-19,” jelasnya.

Tidak hanya kepada dunia pendidikan, Klinik Layanan Kesehatan DPR RI yang berada di kompleks Parlemen, Jakarta juga mendapat sorotan dari Puan Maharani. Bantuan berupa dua unit ventilator portable diharapkan Puan dapat melengkapi fasilitas kesehatan di tempat tersebut. “sehingga memberikan pelayanan kesehatan yang optimal di masa Pandemi Covid-19,” tutupnya.

Leave a Reply

  • (not be published)